Penerapan metode quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Yunita Dwi Esti Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Yunita Dwi Esti Puspitasari

Puspitasari, Yunita Dwi Esti (2014) Penerapan metode quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Bahasa SMA Negeri 5 Malang / Yunita Dwi Esti Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Yunita Dwi Esti. 2014. Penerapan Metode Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Bahasa SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Thawaf M.A Ph.D. (II) Drs. Irawan M.Hum. Kata kunci Quantum Teaching Motivasi dan Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti selama pelaksanaan PPL bulan Oktober 2014 menunjukkan hasil bahwa tingkat motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 5 Malang masih rendah. Hal ini tercermin dengan perilaku siswa yang kelihatan kurang tertarik selama proses pembelajaran sejarah. Kurangnya keberanian dalam bertanya menjawab dan bependapat menyebabkan hasil belajar sejarah menjadi rendah dibawah KKM. Solusi untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode Quantum Teaching yang berprinsip Bawalah Dunia Mereka Ke Dunia Kita dan Antarkan Dunia Kita Ke Dunia Mereka sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang bergairah dan menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Bagaimana penerapan metode Quantum Teaching pada mata pelajaran sejarah di kelas X Bahasa 2) Apakah penerapan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Bahasa pada mata pelajaran sejarah 3) Apakah penerapan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa pada mata pelajaran sejarah 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang pada bulan Maret-April dengan subyek penelitian siswa kelas X Bahasa yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) MODEL Kemmis dan Taggart. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Quantum Teaching yang dilaksanakan selama 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa selama pembelajaran sejarah berlangsung pembagian angket motivasi belajar siswa dan pelaksanaan post test. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I naik dari 57 5% menjadi 85 425% pada siklus II sedangkan berdasarkan angket mengalami peningkatan dari 64 05% menjadi 72 76% pada pasca tindakan. 3) Terdapat kenaikan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Ketuntasan hasil belajar kognitif dari 68% atau 17 siswa pada siklus I naik menjadi 84% atau 21 siswa pada siklus II sedangkan rata-rata nilai hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 79 naik menjadi 94 3 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54719

Actions (login required)

View Item View Item