Penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMAN 1 Pandaan kelas X IB (tahun 2013-2014) / Achmad Sabilul Ibad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMAN 1 Pandaan kelas X IB (tahun 2013-2014) / Achmad Sabilul Ibad

Ibad, Achmad Sabilul (2014) Penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMAN 1 Pandaan kelas X IB (tahun 2013-2014) / Achmad Sabilul Ibad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ibad Achmad Sabilul. 2014. Penggunaan Media Facebook Sebagai Sarana Penyampaian Materi Ajar Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Pandaan Kelas X-IB 1 (Tahun 2013-2014). Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Legawa M.Si. (II) Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci Materi Ajar Sejarah Media Facebook Motivasi Hasil Belajar. Media pembelajaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk lebih mengefektifkan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pada Kurikulum 2013 siswa tidak hanya dituntut untuk aktif tetapi juga kreatif dan inovatif dalam menanggapi setiap pembelajaran. Seorang guru memiliki tugas untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam penyampaian materi ajar yang salah satunya adalah melalui media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Sejarah adalah mata pelajaran yang tergolong dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Penerapan pembelajaran Sejarah di sekolah sangat membutuhkan ketrampilan guru sejarah itu sendiri. Pembelajaran dituntut agar menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa. Sarana dan Prasarana di SMAN 1 Pandaan sudah memadai namun hal tersebut kurang dimaksimalkan seperti dalam penggunaan Internet selain itu penggunaan Media facebook sebagai media pembelajaran sama sekali belum pernah diterapkan di SMAN 1 Pandaan. Fasilitas yang dapat dimanfaatkan dalam penggunaan media tersebut adalah dapat digunakan untuk menyampaikan materi dan diskusi dalam proses pembelajaran. Media ini merupakan media sederhana mudah dan dapat dikuasai oleh guru maupun siswa sebab media facebook merupakan jejaring sosial yang sangat populer dikalangan masyarakat sehingga pengaplikasiaannya akan sangat mudah dipahami. Rumusan masalah dari latar belakang di atas terdiri dari (1) Bagaimanakah penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah dapat meningkatkan motivasi siswa kelas X-Bahasa 1 SMAN 1 Pandaan (2) Bagaimanakah penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-Bahasa 1 SMAN 1 Pandaan Tujuan dari penelitian ini mencakup dua hal yaitu (1) Mendeskripsikan penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah dalam meningkatkan motivasi siswa kelas X-Bahasa 1 SMAN 1 Pandaan (2) Mendeskripsikan penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-Bahasa 1 SMAN 1 Pandaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar Sejarah pada siswa kelas X-IB 1 di SMAN 1 Pandaan. Presentase antara hasil belajar sebelum digunakannya media adalah 63 63% sedangkan setelah diterapkannya media menjadi 73 16% di siklus 1 dan 83 5% di siklus 2. Hasil belajar sebelum dilakukannya tindakan tersebut tergolong rendah karena pada saat sebelum dilakukannya tindakan guru hanya menggunakan media buku dan LKS. Hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 30 siswa hanya 10 siswa yang tercapai ketuntasan belajarnya. Motivasi belajar juga mengalami peningkatan yang signifikan antara sebelum diterapkannya media dan setelah diterapkan media yang dinilai berdasarkan beberapa aspek yaitu (1) aspek perhatian yang dinilai berdasarkan motivasi belajar siswa tinggi jika mereka memusatkan perhatian pada kegiatan belajar daripada tingkah laku yang bukan belajar yang meningkat dari 68 66% menjadi 96% (2) aspek waktu belajar meningkat dari 50 13 menjadi 96% hal ini dinilai berdasarkan siswa mempunyai motivasi yang tinggi jika siswa menghabiskan waktu yang cukup untuk belajar di kelas ketika pembelajaran berlangsung (3) aspek usaha meningkat dari 42 13% menjadi 79 6% siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi jika siswa belajar secara intensif mengeluarkan banyak energi dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas/kewajiban (4) aspek irama perasaan meningkat dari 73 46% menjadi 87 46% tingkat motivasinya dinilai berdasarkan irama perasaan seperti siswa merasa gembira keyakinan diri yang besar dan senang dengan proses pembelajaran (5) aspek penampilan meningkat dari 42 66% menjadi 91 33% yang dimaksud penampilan adalah apabila siswa mampu menampilkan hasil kerja maupun tugasnya dengan baik dan terstruktur sesuai kegiatan belajar. Penggunaan media facebook sebagai sarana penyampaian materi ajar sejarah dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas sehingga baik pula jika dimanfaatkan oleh guru dalam mata pelajaran lain selain pelajaran sejarah selain itu guru hendaknya lebih meningkatkan inovasi dalam penyampaian materi pelajaran di kelas contohnya dalam hal media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dan metode mengajar yang lebih bervariatif serta interaktif (tidak hanya berpusat pada guru melainkan lebih mengajak siswa untuk aktif). Guru juga hendaknya lebih menambah pengetahuan tentang penggunaan media pembelajaran untuk diterapkan di dalam kelas agar siswa tidak cepat jenuh saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54717

Actions (login required)

View Item View Item