Pengaruh pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar sejarah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi / Agung Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar sejarah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi / Agung Kurniawan

Kurniawan, Agung (2014) Pengaruh pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar sejarah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi / Agung Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawan Agung. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. (II) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. Kata Kunci sumber belajar situs Kendeng Lembu hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Sumber belajar merupakan salah satu komponen dalam sistem pembelajaran. Di Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi terdapat Situs Kendeng Lembu yang perlu dilestarikan dan dikenalkan pada masyarakat. Situs Kendeng Lembu dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Situs Kendeng Lembu ini akan dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada kelas X SMA Negeri 1 Glenmore. Pemanfaatan situs sebagai sumber belajar di kelas X SMA Negeri 1 Glenmore karena dekatnya situs dengan sekolah selain itu pemanfaatan Situs Kendeng Lembu ini relevan dengan materi dan tujuan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Glenmore mendeskripsikan pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Glenmore serta menjelaskan pengaruh pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar sejarah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Glenmore. 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan desain group kontrol pretest posttest. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen memanfaatkan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar sedangkan kelas kontrol menggunakan LKS sebagai sumber belajar. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest. Sebelum instrumen diujikan terlebih dahulu dilakukan validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil dari pretest dan posttest. Setelah diperoleh data kemudian dilakukan analisis data menggunakan uji independent sample t-test. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh tiga kesimpulan yaitu sebagai berikut. Pertama pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Glenmore kurang variatif. Metode yang digunakan guru hanya terpaku pada ceramah dan tanya jawab saja. Sedangkan sumber belajar yang digunakan masih sebatas Lembar Kerja Siswa (LKS) dan jarang menggunakan buku sebagai sumber belajar. Media yang digunakan guru adalah peta konsep. 12288 12288 12288 12288 Kedua bentuk pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar adalah dengan melakukan kunjungan situs. Siswa diajak langsung melihat benda-benda peninggalan zaman neolitik yang ada di Situs Kendeng Lembu dan tugas siswa selama di situs adalah menganalisis dan mengamati situs tersebut. Dekatnya situs dengan sekolah dapat menghemat biaya selain itu Situs Kendeng Lembu relevan dengan materi dan tujuan pembelajaran. Tetapi kunjungan situs sebaiknya dilakukan di luar jam sekolah agar tidak terbentur waktu dan siswa akan mendapatkan informasi lebih banyak. 12288 12288 12288 12288 Ketiga Pemanfaatan Situs Kendeng Lembu sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Glenmore. Hal ini terbukti dari perbedaan rata-rata gainscore kelas eksperimen dan kelas kontrol yang cukup signifikan yaitu rata-rata gainscore kelas eksperimen adalah 38 00 dan gainscore kelas kontrol 31 67. Terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80.85%. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54715

Actions (login required)

View Item View Item