Penerapan model pembelajaran aktif tipe kartu arisan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang / Fahreza Agustina Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran aktif tipe kartu arisan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang / Fahreza Agustina Zuhri

Zuhri, Fahreza Agustina (2014) Penerapan model pembelajaran aktif tipe kartu arisan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang / Fahreza Agustina Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zuhri Fahreza Agustina. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Kartu Arisan untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 3 Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Pembimbing. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd M.Pd Kata Kunci Model Kartu Arisan Minat Hasil Belajar Sejarah SMA Negeri 3 Malang merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah atas yang favorit di kota Malang dimana sekolah ini dalam proses pembelajarannya telah menggunakan alat-alat teknologi canggih seperti Liquid Crystal Display (LCD) yang dapat membantu meningkatkan proses pembelajaran. Namun proses pembelajaran sejarah yang ada di kelas XI IPS 1 SMAN 3 Malang masih kurang maksimal. Dari hasil observasi dan wawancara kepada guru dan siswa menunjukan permasalahan pembelajaran sejarah yang ada di kelas XI IPS 1 terletak pada minat belajar dan hasil belajar yang masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pembelajaran aktif tipe kartu arisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pembelajaran aktif tipe kartu arisan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 3 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan guru kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II 2 dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Observasi dilakukan dengan tujuan mengamati aktivitas siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran aktif tipe kartu arisan. Wawancara untuk memperoleh data mengenai segala permasalahan yang sedang diteliti oleh peneliti. Dokumentasi untuk mendokumentasikan data yang diperoleh oleh peneliti dan pendukung hasil penelitian. Sedangkan tes untuk menilai dan mengukur hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran kartu arisan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan diterapkannya model pembelajaran aktif kartu arisan di kelas XI IPS 1 minat dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Terbukti dari hasil observasi minat siswa menunjukkan angka 77 27 % pada siklus I sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan hingga 82%. Hasil belajar siswa juga mengalami kenaikan dibandingkan dibandingkan hasil nilai pra siklus yang hanya menunjukkan nilai 76 23 tentu saja nilai itu masih dibawah KKM SMAN 3 Malang yang mencapai nilai diatas 80. Namun setelah adanya tindakan dengan penerapan kartu arisan ini rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 81 41 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 87. Saran peneliti setelah diterapkannya model pembelajaran aktif tipe kartu arisan ini bagi guru bidang studi sejarah SMAN 3 Malang agar dapat mempertimbangkan model kartu arisan ini sebagai suatu alternatif dalam memberikan variasi penyampaian materi di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54714

Actions (login required)

View Item View Item