Penggunaan novel sejarah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fakta sejarah pada topik perlawanan masyarakat Indonesia terhadap penjajahan di kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2013-2014 / Muhammad Jeffry - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan novel sejarah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fakta sejarah pada topik perlawanan masyarakat Indonesia terhadap penjajahan di kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2013-2014 / Muhammad Jeffry

Jeffry, Muhammad (2014) Penggunaan novel sejarah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fakta sejarah pada topik perlawanan masyarakat Indonesia terhadap penjajahan di kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2013-2014 / Muhammad Jeffry. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jeffry Muhammad. 2014. Penggunaan Novel Sejarah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Fakta Sejarah pada Topik Perlawanan Masyarakat Indonesia Terhadap Penjajahan Kelas XI Bahasa Tahun Ajaran 2013/2014. Pembimbing (I) Dr. Reza Hudiyanto M.Hum. (II) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci Novel Sejarah Pemahaman Fakta Sejarah. 12288 12288 12288 12288 Kemampuan memahami fakta sejarah merupakan tujuan utama dalam pembelajaran sejarah karena berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif. Berdasarkan hasil wawancara dan angket sebelum penelitian pemahaman siswa terhadap fakta sejarah di Kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang masih rendah penyebabnya adalah banyaknya materi sejarah dan pengaruh dari pelajaran lain yang menuntut siswa mempelajari cerita fiksi. Peneliti berkolaborasi dengan guru menerapkan pembelajaran dengan novel sejarah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fakta sejarah di Kelas XI Bahasa SMAN I Lawang. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses penggunaan novel sejarah dalam pembelajaran sejarah kelas XI bahasa SMAN 1 Lawang dan (2) bagaimanakah pemahaman siswa kelas XI bahasa SMAN 1 Lawang tentang fakta sejarah pada topik perlawanan masyarakat terhadap penjajahan . 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses penggunaan novel sejarah dalam pembelajaran sejarah di kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang dan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap fakta sejarah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas dari Kemmis Mc Taggart dengan tahapan indentifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus di kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang yang terdiri dari 27 siswa pada semester Gasal dengan Topik Perlawanan Masyarakat Indonesia terhadap Penjajahan . 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penggunaan novel sejarah dalam pembelajaran sejarah dalam meningkatkan pemahaman siswa XI Bahasa tentang fakta sejarah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif sesuai indikator pemahaman yaitu kemampuan menyaring uraian sejarah dan membangun bahan tersebut menjadi uraian yang jelas dan masuk akal pada siklus I mencapai 78 33 dan pada siklus II mencapai 82 kemampuan menghayati uraian sejarah menurut pemikiran yang dalam tentang situasi sejarah pada siklus I mencapai 79 59 dan pada siklus II mencapai 82 kemampuan menjawab pertanyaan berdasar fakta tentang tokoh dan peristiwa sejarah pada siklus I mencapai 79 dan pada siklus II mencapai 81 33. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini adalah dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan novel sejarah yang dipadukan dengan modul untuk memilah fakta sejarah dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang fakta sejarah. Saran bagi peneliti berikutnya supaya mengembangkan model pembelajaran dengan novel sejarah agar proses pembelajaran bisa lebih baik. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54713

Actions (login required)

View Item View Item