Penerapan model pembelajaran discovery learning untuyk meningkatkan motivasi dan partisipasi bertanya siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen / Dafit Purna Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran discovery learning untuyk meningkatkan motivasi dan partisipasi bertanya siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen / Dafit Purna Irawan

Irawan, Dafit Purna (2014) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuyk meningkatkan motivasi dan partisipasi bertanya siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen / Dafit Purna Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irawan Dafit Purna. Penerapan Model Pembelajaran Discavery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Partisipasi Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kepanjen Kelas XI IPS 1. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah. Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Drs. I Wayan Legawa M.Si pembimbing 2 Drs. Marsudi M. Hum. Kata Kunci Discavery Learning Motivasi Belajar dan Partisipasi Bertanya Kegiatan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang masih didominasi oleh metode ceramah dan penugasan sehingga siswa mengalami kejenuhan yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar dan partisipasi bertanya siswa. Kondisi siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran di dalam kelas untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran Discavery Learning pada mata pelajaran sejarah di kelas IX IPS 1 SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Taggart. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus sedangkan dalam satu siklus terdapat tiga kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kepanjen yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tabel persentase keberhasilan skor milik Margono motivasi belajar dan partisipasi bertanya siswa pada siklus 1 dan 2. Rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kepanjen yang diajar melalui model pembelajaran Discavery Learning. (2) Bagaimana peningkatan partisipasi bertanya siswa di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kepanjen yang diajar melalui model pembelajaran Discavery Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis kaitan antara pembelajaran model Discavery Learning dengan motivasi siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen kelas XI IPS 1. (2) Menganalisis kaitan antara pembelajaran model Discavery Learning dengan partisipasi bertanya siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen kelas XI IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discavery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi bertanya siswa. Hasil persentase rata-rata penelitian motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 65% meningkat menjadi 77 55 pada siklus 2 artinya pada setiap siklus terjadi peningkatan yang cukup signifikan dan dari hasil persentase yang diperoleh masuk pada kategori baik. Sedangkan untuk partisipasi bertanya pada siklus 1 sebesar 60 275 meningkat menjadi 90 68 pada siklus 2 artinya pada setiap siklus terjadi peningkatan yang sangat baik atau signifikan. Peningkatan motivasi belajar sebesar 12 5% dan partisipasi bertanya sebesar 30 41%. Saran bagi para guru sejarah untuk berusaha menerapkan metode dan model yang bervariasi supaya siswanya tidak bosan dan merasa senang. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran Discavery Learning yang mampu meningkatnya motivasi dan partisipasi bertanya siswa. Hal ini sudah terbukti dari penelitian yang sudah dilakukan dalam penulisan skripsi ini. Kepada peneliti selanjutnya harus mampu meningkatkan proses pembelajaran dengan menggunakan model Discavery Learning agar hasil pembelajaran sejarah lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54712

Actions (login required)

View Item View Item