Pemanfaatan Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah pada kelas XI IPS semester gasal di MA Ma'arif 7 Banjarwati Lamongan / Sri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah pada kelas XI IPS semester gasal di MA Ma'arif 7 Banjarwati Lamongan / Sri Lestari

Lestari, Sri (2014) Pemanfaatan Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah pada kelas XI IPS semester gasal di MA Ma'arif 7 Banjarwati Lamongan / Sri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Sri. 2014. Pemanfaatan Museum Sunan Drajat sebagai Sumber Belajar Sejarah pada Kelas XI IPS Semester Gasal di MA Ma arif 7 Banjarwati Lamongan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. H. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Pembimbing II Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum Kata Kunci pemanfaatan Museum Sunan Drajat sumber belajar 12288 12288 12288 12288 Museum Sunan Drajat merupakan tempat yang menyimpan benda-benda peninggalan Sunan Drajat. Melalui benda-benda koleksinya Museum Sunan Drajat dapat memberikan informasi mengenai penyebaran Islam yang dilakukan oleh Sunan Drajat pada saat ini kurangnya pemanfaatan terhadap situs sejarah khususnya Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah serta kajiannya. Selain itu Letak Museum Sunan Drajat yang dekat dengan MA Ma arif 7 Banjarwati membuat sekolah tersebut lebih efektif jika memanfaatkan Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui potensi Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah kelas XI IPS 1 di MA Ma arif 7 Banjarwati. Mengetahui pemanfaatan Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah kelas XI IPS J di MA Ma arif 7 Banjarwati. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa paparan dari pemandu Museum Sunan Drajat terkait dengan sejarah museum dan potensinya dan paparan dari guru dan siswa kelas XI IPS J terkait dengan potensi dan pemanfaatan Museum Sunan Drajat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrument) serta instrumen penunjang yakni pedoman observasi pedoman wawancara dan lembar soal. Untuk menjaga keabsaan data dilakukan dengan triangulasi data. Tahap penelitian dimulai dari persiapan penelitian eksplorasi dan penulisan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama potensi Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah. Potensi yang dimiliki Museum Sunan Drajat adalah benda-benda koleksi Museum Sunan Drajat yaitu koleksi geologika biologika etnografika arkeologika historika numismatika filologika keramologika dan seni rupa. Keadaan benda-benda koleksi yang masih baik sehingga masih layak digunakan sebagai sumber belajar. Selain itu potensi lain yang dimiliki adalah ketersedian pemandu Museum Sunan Drajat sehingga sedikit banyak dapat memberikan informasi mengenai benda-benda koleksi Museum Sunan Drajat. Selain itu adanya keterkaitan atau relevansi mengenai materi kelas XI IPS dengan benda-benda koleksi Museum Sunan Drajat. 12288 12288 12288 12288 Kedua proses pemanfaatan Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah yakni dengan mengajak siswa ke Museum Sunan Drajat di sana guru memberikan penjelasan kemudian siswa mencari informasi untuk mengisi lembar soal yang diberikan. Metode pembelajaran yang diberikan adalah resource based learning. Hasil penelitian yang kedua yakni mengenai pemanfataan Museum Sunan Drajat sebagai sumber belajar sejarah kelas XI IPS J MA Ma arif 7 menunjukkan hasil yang baik dengan perolehan tingkat keberhasilan nilai aktivitas sebesar 79 6% dari tiga aspek yang diamati yakni kesiapan perhatian dan ketepatan. Sedangkan pada nilai kognitif yang diperoleh siswa dengan tingkat keberhasilan 79 50%. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Museum Sunan Drajat berjalan dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Faktor pendukung pembelajaran di Museum Sunan Drajat adalah kedekatan jarak antara Museum Sunan Drajat dengan MA Ma arif 7 Banjarwati serta koleksi benda-benda Museum Sunan Drajat yang relevan dengan materi kelas XI IPS. Faktor penghambat pembelajaran di Museum Sunan Drajat adalah kurangnya fokus dari siswa pada materi yang diberikan atau pengkondisian siswa. Kurangnya keterangan pada setiap benda serta tidak tersedia buku-buku bacaan yang dapat menunjang pemahaman pengunjung dan tidak adanya promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54711

Actions (login required)

View Item View Item