Validitas isi dan ketepatan konstruksi butir soal Ujian Akhir Ma'arif NU (UAMNU) mata pelajaran sejarah kelas XII IPS tahun 2013 / M. Haris Mahfudh - Repositori Universitas Negeri Malang

Validitas isi dan ketepatan konstruksi butir soal Ujian Akhir Ma'arif NU (UAMNU) mata pelajaran sejarah kelas XII IPS tahun 2013 / M. Haris Mahfudh

Mahfudh, M. Haris (2014) Validitas isi dan ketepatan konstruksi butir soal Ujian Akhir Ma'arif NU (UAMNU) mata pelajaran sejarah kelas XII IPS tahun 2013 / M. Haris Mahfudh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahfudh M.H. 2014. Validitas Isi dan Ketepatan Konstruksi Butir Soal Ujian Akhir Ma arif NU (UAMNU) Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS Tahun 2013 SMA 1 Siman Jaya Lamongan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (II) Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci Validitas isi Kostruksi butir soal Diskriptif Kuantitatif LP Ma arif UAMNU 2013. 12288 12288 12288 12288 Evaluasi merupakan sebuah proses pendidikan yang digunakan untuk mengukur sebuah mutu suatu pendidikan. Ujian Akhir Ma arif NU (UAMNU) menjadi sebuah evaluasi di lingkungan sekolah yang bernaung dibawah Lembaga Pendidikan Ma arif NU (LP Ma arif). Keberhasilan UAMNU mencerminkan sebuah keberhasilan lembaga pembelajaran yang benaung dibawah LP Ma arif dalam melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Evaluasi yang baik adalah telah memenuhi beberapa aspek dalam penyusunan soal. Timbul masalah apakah soal yang diujikan dalam UAMNU 2013 telah memenuhi beberapa aspek dalam evaluasi. Maka dari itu terlebih dahulu soal UAMNU 2013 harus ditinjau dari instrumen (Butir) soal yang diujikan. Kurikulum yang digunakan untuk pedoman pendidikan apakah telah terpenuhi dalam kisi-kisi soal atau soal dalam UAMNU 2013. Pentingnya sebuah penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan isi dan konstruksi butir soal UAMNU 2013. Mata pelajaran Sejarah merupakan salah satu yang diujikan dalam UAMNU 2013 sehingga soal mata pelajaran Sejarah di UAMNU 2013 perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui aspek isi dan konstruksi dari mata pelajaran ini. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan (1) Validitas isi soal UAMNU mata pelajaran Sejarah SMA tahun 2013 dan (2) ketepatan konstruksi butir tes pada soal UAMNU mata pelajaran Sejarah tahun 2013. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh naskah UAMNU SMA 2013. Sampel dari penelitian ini adalah naskah soal mata pelajaran Sejarah UAMNU 2013 SMA program IPS di SMA 1 Simanjaya Lamongan. Dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data dari penelitian ini. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis validitas isi UAMNU mata pelajaran Sejarah tahun 2013 dirinci menjadi tiga aspek. Pertama proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal Sejarah UAMNU 2013. Rekapitulasi perbandingan proporsi butir kurikulum dengan soal yang sesuai ada 11 (sebelas) nomor tabel materi meliputi ilmu sejarah praaksara dan aksara awal masyarakat Indonesia peradaban dunia yang berkaitan dengan peradaban Indonesia pengaruh barat masa kolonial di Indonesia paham-paham baru masa pergerakan interaksi Jepang-Indonesia perkembangan politik-ekonomi masa awal kemerdekaan Indonesia peristiwa proklamasi 1945 masa Orde Baru dan perkembangan sejarah Dunia termutahir. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal terdapat 10 materi tidak sesuai yaitu perjuangan mempertahankan kemerdekaan peran Indonesia pada dunia internasional masa PD II-Perang dingin penelitian sejarah peradaban Hindhu-Budha di Indonesia kerajaan Hindhu-Budha di Indonesia peradaban Islam di Indonesia kerajaan islam di Indonesia interaksi Hindhu-Budha dan Islam revolusi barat terhadap pergerakan Indonesia dan masa reformasi. Kedua proporsi antara kurikulum dengan butir soal Sejarah UAMNU 2013. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan butir soal terdapat 11 materi sesuai dengan kurikulum dan butir soal yaitu ilmu sejarah penelitian sejarah peradaban dunia yang berkaitan dengan peradaban Indonesia pengaruh barat masa kolonial di Indonesia paham-paham baru masa pergerakan revolusi barat terhadap pergerakan Indonesia perkembangan politik-ekonomi masa awal kemerdekaan Indonesia perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia masa Orde Baru Masa reformasi dan perkembangan sejarah dunia termutahir. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan butir soal terdapat 12 materi tidak sesuai yaitu peran Indonesia pada dunia internasional masa PD II-Perang dingin masa praaksara-aksara awal kehidupan masyarakat Indonesia peradaban Hindhu-Budha di Indonesia kerajaan Hindhu-Budha di Indonesia peradaban Islam di Indonesia kerajaan islam di Indonesia interaksi Hindhu-Budha dan Islam interaksi Jepang-Indonesia peristiwa proklamasi 1945 sejarah bangsa Jepang dan sejarah perang di Eropa. Ketiga kesesuaian antara kurikulum dengan soal Sejarah UAMNU 2013.Berdasakan hasil rekapitulasi terdapat 38% soal dengan tingkat kesesuaian tinggi 32% soal dengan tingkat kesesuaian sedang dan 30% soal dengan tingkat kesesuaian rendah. Kesesuaian soal UAMNU tahun 2013 dengan konstruksi penyusunan soal pilihan ganda mencapai 79% tingkat kesesuaiannya sedangkan tingkat ketidaksesuaiannya mencapai 21%. Dengan demikian dilihat dari konstruksi penyusunan soal pilihan ganda UAMNU tahun 2013 dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54709

Actions (login required)

View Item View Item