Malary, Winda Persiana (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Srengat tahun 2012/2013 / Winda Persiana Malary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Malary Winda Persiana. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Facilitator and Explaininguntuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Srengat Tahun 2012/2013.Skripsi Prodi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1). Drs. KasimanuddinIsmain M. Pd 2). Deny YudoWahyudi S. Pd M. Hum Kata Kunci Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining Prestasi Belajar Mata PelajaranSejarah Pembelajaran kooperatif merupakan metode pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu dari model pembelajaran kooperatif yaitu Student Facilitator and Explaining. Alasan penulis tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah ini karena SMANegeri 1Srengat tergolong salah satu sekolah favorit di kecamatan Srengat dan juga sebagai salah satu sekolah RSBI. Walaupun sudah memiliki nama favorit proses kegiatan pembelajaran didalamnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE). Tujuan dari model ini supaya siswa lebihaktif dalam menyampaikan ide ataupun gagasan yang mereka milikisertameningkatkanprestasibelajarpadamatapelajaranSejarah. Penerapan model pembelajaran ini siswa dituntut untuk aktif dalam bekerjasama dengan kelompok kecil serta mampu menjelaskan konsep yang telah dipahami melalui sebuah peta konsep baganataupunlainnya yang disediakan oleh siswa itu sendiri. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS (2) Apakah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada mata pelajaran Sejarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS . Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Penelitianinidilakukandalamduasiklus pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan awal (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukandiperolehhasilsebagaiberikut (1) Nilaikognitifsiswasebelumdilakukantindakan (pre test) padasiklus I rata-rata 68 82 dan rata-rata post test adalah 74 70. Terdapat 10(29 41%) siswa yang belumtuntasdan 24 (70 59%)siswa yang tuntas.Sedangkanpadasiklus II nilaisiswasebelumtindakan (pre test) rata-ratanya 81 47. Nilaisetelahtindakan (post test)keseluruhansiswatelahmemenuhiStandarKetuntasan Minimum dengannilai rata-rata 88 68. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa prestasi belajar bidang kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 29 41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Srengat pada pada mata pelajaran Sejarah mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Student Facilitator and Explaining (SFAE). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar dilakukan penelitian lagi mengenai model Student Facilitator and Explaining (SFAE)pada mata pelajaran sejarah untuk memantapkan hasil yang telah diperoleh sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |