Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada KD paham-paham baru dan kesadaran kebangsaan Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dongko semester genap 2012/2013 / Retno Anggy Satriyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada KD paham-paham baru dan kesadaran kebangsaan Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dongko semester genap 2012/2013 / Retno Anggy Satriyo

Wulansari, Retno (2014) Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada KD paham-paham baru dan kesadaran kebangsaan Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dongko semester genap 2012/2013 / Retno Anggy Satriyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulansari Retno.2013. Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Pada KD Paham-Paham Baru Dan Kesadaran Kebangsaan Indonesia Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dongko Semester Genap 2012/2013. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M. Pd.(II) Aditya Nugroho Widiadi S.pd. M pd. Kata Kunci hubungan kebiasaan belajar hasil belajar sejarah. Kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Karena kebiasaan belajar berpengaruh pada hasil belajar maka kebiasaan belajar baik diterapkan agar siswa mamperoleh hasil belajar yang baik pula. Kebiasaan belajar yang dimiliki setiap siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar setiap siswa itu sendiri. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Dongko khususnya kelas XI IPS ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya korelasi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 92 siswa. Sampel yang diambil secara acak berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi nilai ulangan harian sejarah. Sedangkan analisis data untuk mengetahui normalitas data menggunakan rumus Chi Kuadrat dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar sejarah menggunakan korelasi product moment. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dongko 98% sudah cukup baik walaupun 2% masih ada yang memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik. Kedua sesuai dengan kebiasaan baik yang dimiliki siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dongko maka hasil belajar yang dimiliki siswa juga baik. Hal itu dapat dibuktikan dari dokumentasi nilai ulangan harian sejarah dan tidak adanya siswa yang mengikuti remidi. Ketiga dari hasil analisis mengenai hubungan kebiasaan belajar baik dan analisis hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dongko dapat diketahui bahwa sebesar 0 59% kebiasaan belajar sangat berhubungan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Jika siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik maka siswa akan memeproleh hasil belajar yang baik pula. Dari keterangan di atas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa guru maupun orang tua siswa juga ikut bertanggung jawab atas keberhasilan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54677

Actions (login required)

View Item View Item