Kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah pasca sertifikasi (studi kasus tiga guru mata pelajaran sejarah SMA Negeri di Kabupaten Trenggalek) / Ferika Artanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah pasca sertifikasi (studi kasus tiga guru mata pelajaran sejarah SMA Negeri di Kabupaten Trenggalek) / Ferika Artanto

Artanto, Ferika (2014) Kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah pasca sertifikasi (studi kasus tiga guru mata pelajaran sejarah SMA Negeri di Kabupaten Trenggalek) / Ferika Artanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artanto Ferika. 2013. Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Pasca Sertifikasi (Studi Kasus Tiga Guru Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri di Kabupaten Trnggalek). Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M. Pd (II) Drs. Mashuri M. Hum. Kata Kunci sertifikasi guru kompetensi profesional guru guru mata pelajaran sejarah Sertifikasi guru yang bertujuan meningkatkan kualitas guru diharapkan bukan hanya menjadi cara yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kesejahteraan dengan mengesampingkan peningkatan kompetensi profesional mereka dalam mengajar. Guru harus bisa membuktikan bahwa dengan adanya sertifikasi guru menjadi lebih baik lagi terlebih lagi guru yang tersertifikasi sekarang menjadi sorotan di masyarakat dengan peningkatan kesejahteraan mereka. Berdasarkan latar belakang masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) kompetensi profesional tiga guru mata pelajaran sejarah SMAN pasca sertifikasi di Kabupaten Trenggalek (2) hambatan yang dihadapi oleh tiga guru mata pelajaran sejarah SMAN tersertifikasi dalam membangun kompetensi profesional guru sejarah SMA di Kabupaten Trenggalek (3) pemanfaatan tunjangan sertifikasi yang diterima oleh tiga guru mata pelajaran sejarah SMAN di Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Adapun subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Irwanto S. Pd beliau guru sejarah SMAN 1 Trenggalek Maryono S. Pd M. Pd beliau merupakan guru sejarah SMAN 2 Trenggalek Muthiatullailiyah S. Pd beliau guru sejarah SMAN 1 Karangan. Kegiatan analisis untuk data kualitatif dianalisis dengan menggunakan jawaban dari subyek penelitian yaitu guru. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Komepetensi profesional guru mata pelajaran sejarah pasca sertifikasi adalah sebagai berikut dalam penguasaan materi guru sudah baik pemanfaatan buku rujukan yang relevan sangat penting dalam penguasaan materi tidak hanya dibatasi dari ketersediaan buku dari sekolah ataupun buku penunjang yang ada. Tetapi memanfaatkan juga dari buku-buku lain yang relevan dengan materi. Penggunaan metode pembelajaran di dalam kelas guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Hal ini didukung oleh RPP dan pengamatan lapangan serta angket siswa. Pendayagunaan media belajar cukup beragam untuk menunjang proses belajar mengajar bisa menggunakan sarana perpustakaan sekolah fasilitas inhternet sekolah yang bisa memanfaatkan wifi ataupun laboratorium komputer dan pemanfaatan LCD dalam memperlancar KBM di kelas. Kegiatan refleksi yang dilakukan berupa kegiatan MGMP Sejarah yang dilaksanakan setiap hari Jumat di SMAN 1 Trenggalek. Untuk kegiatan lain berupa workshop seminar ataupun pelatihan. Hambatan yang dialami oleh guru dalam membangun kompetensi profesional guru terletak pada kegiatan seminar yang merupakan sarana penambah wawasan guru tempat penyelenggaraannya jauh dari Trenggalek. Pemanfaatan dana tunjangan sertifikasi guru membeli alat yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. Seperti halnya laptop yang bisa digunakan untuk mengajar di dalam kelas juga dapat juga digunakan untuk mencari rujukan yang relevan melalui internet. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan juduldisarankan untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian pada kompetensi guru yang lain seperti kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial serta dengan subyek penelitian yang lebih banyak sehingga dapat diketahui dampak secara luas dari sertifikasi guru terhadap standar kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54676

Actions (login required)

View Item View Item