Pelaksanaan penilaian hasil belajar bidang sejarah berdasarkan standar penilaian pendidikan di SMA Negeri 1 Malang / Agustin Wahyu Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan penilaian hasil belajar bidang sejarah berdasarkan standar penilaian pendidikan di SMA Negeri 1 Malang / Agustin Wahyu Kurniawati

Kurniawati, Agustin Wahyu (2013) Pelaksanaan penilaian hasil belajar bidang sejarah berdasarkan standar penilaian pendidikan di SMA Negeri 1 Malang / Agustin Wahyu Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawati Agustin Wahyu.2013. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Bidang Sejarah Berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan di SMA Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marsudi M.Hum (II) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. Kata kunci Penilaian Hasil Belajar Sejak tahun 2006 pemerintah menetapkan kebijakan baru untuk mening- katkan mutu pendidikan di Indonesia melalui pendidikan berbasis standar yang terdapat dalam Standar Nasional Pendidikan. Salah satu bagian dari Standar Nasional Pendidikan yang implementasinya belum dilaksanakan dengan optimal adalah Standar Penilaian Pendidikan oleh Pendidik. Guru sebagai pendidik harus mampu untuk melaksanakan tugasnya dengan baik apalagi yang berkaitan dengan perkembangan hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar yang telah di- tetapkan. Namun kenyatannya dalam proses pembelajaran seringkali penilaian hasil belajar yang sesuai standar masih diabaikan. Fenomena ini juga terjadi di SMA Negeri 1 Malang. Hal inilah yang yang menarik minat peneliti untuk meng- kaji pelaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan di SMA Negeri 1 Malang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pemahaman guru sejarah SMA Negeri 1 Malang terhadap Standar Penilaian Pendidikan (2) Bagaimana pelaksanaan penilaian hasil belajar bidang sejarah berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 1 Malang terhadap Standar Penilaian Pendidikan dan bagaimana pelaksanaan penilaian hasil belajar bidang sejarah berdasarkan pemahaman tentang Standar Penilaian Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan adalah guru sejarah SMA Negeri 1 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis model interaksi Miles dan Huberman dengan tahapan (1) pengumpulan data (2) reduksi dan penyajian data (3) penarikan kesimpulan dan analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut (1) Pemahaman guru sejarah SMA Negeri 1 Malang terhadap Standar Penilaian Pendidikan sudah baik. Hanya sebagian kecil komponen yang belum dapat dipahami sesuai dengan ketentuan dalam Standar Penilaian Pendidikan yaitu ketentuan ulangan harian penilaian ranah afektif dan proporsi tingkat taksonomi Bloom. Pemahaman tersebut sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman meng- ajar guru sejak diberlakukannya Standar Nasional Pendidikan (2) Pelaksanaan penilaian hasil belajar bidang sejarah yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Malang sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan. Implementasi dari standar tersebut bersifat kondisional. Hal ini dapat diketahui dari beberapa standar yang telah direncanakan tidak dapat dilaksanakan dengan baik karena faktor kesibukan guru. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru harapannya terus berupaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap Standar Penilaian Pendidikan agar penilaian yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah (2) Bagi sekolah hendaknya lebih meningkatkan evaluasi terhadap kinerja guru dalam melaksanaan standar pendidikan (3) Bagi pemerintah hendaknya mengadakan workshop untuk para guru mengenai sistem penilaian sesuai dengan standar yang telah ditetapkan (4) Fokus penelitian ini masih sempit sehingga bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas populasi penelitian dan mengkaji varian penilaian secara mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54672

Actions (login required)

View Item View Item