Perbandingan materi sejarah di kelas XI IPS antara SMA Darul Ulum 3 bilingual Peterongan Jombang dengan SMA Patriot Peterongan Jombang / Fany Sukma Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan materi sejarah di kelas XI IPS antara SMA Darul Ulum 3 bilingual Peterongan Jombang dengan SMA Patriot Peterongan Jombang / Fany Sukma Wardana

Wardana, Fany Sukma (2013) Perbandingan materi sejarah di kelas XI IPS antara SMA Darul Ulum 3 bilingual Peterongan Jombang dengan SMA Patriot Peterongan Jombang / Fany Sukma Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardana Fany Sukma. 2013. Perbandingan Materi Sejarahan di Kelas XI IPS antara SMA Darul Ulum 3 Billingual Peterongan Jombang dengan SMA PATRIOT Peterongan Jombang. Skripsi Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Drs. I Wayan Legawa M.Si. Pembimbing (2). Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci Perbandingan Materi Sejarah Perkembangan Agama Islam. Penekanan materi yang dilakukan oleh satu sekolah dengan sekolah lain berbeda-beda. Perbedaan penekanan materi di setiap sekolah yang berbeda-beda ini dilatarbelakangi oleh lingkungan dimana sekolah itu berada. Latarbelakang sekolah memiliki peranan yang penting dalam mengembangkan materi pembelajaran di sekolah. Point-point penting yang menjadi bahasan dalam penulisan ini yaitu (1) Mendiskripsikan perbedaan materi sejarah di SMA Darul Ulum 3 Billingual Peterongan dan SMA PATRIOT Peterongan Jombang (2) Mendiskripsikan persamaan materi sejarah di SMA Darul Ulum 3 Billingual Peterongan Jombang dan SMA PATRIOT Peterongan Jombang (3) Mendiskripsikan latar belakang dan tujuan penekanan materi sejarah di SMA Darul Ulum 3 Billingual Peterongan Jombang (4) Menjelaskan tujuan pembelajaran sejarah di SMA PATRIOT Peterongan Jombang Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini memenuhi kriteria (1) kondisi obyek penelitian alamiah (2) peneliti sebagai instrumen utama (3) bersifat diskriptif karena data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata (4) analisis dilakukan secara induktif dan berlangsung sejak penelitian dimulai sampai pengumpulan data selesai. Terdapat empat kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini (1) Ada penekanan terhadap materi sejarah yang di ajarkan di kelas XI IPS SMA Darul Ulum 3 Billingual Peterongan Jombang yang berbeda dengan kelas XI IPS SMA PATRIOT Peterongan Jombang (2) Penekanan terhadap materi sejarah yang ada di kelas XI IPS SMA Darul Ulum 3 Billingual Peterongan Jombang di latarbelakangi oleh keberadaan sekolah yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang (3) Materi yang mendapat penekanan adalah materi mengenai Sejarah Islam di Indonesia (4) Tujuan dari penekanan materi sejarah ini agar siswa lebih memahami tentang agama Islam secara menyeluruh dan bisa mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa saran yang seyogyanya menjadi perhatian oleh guru dalam proses pembelajaran yakni untuk menggunakan metode yang variatif dalam proses pembelajaran juga terdapat saran bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian dengan topik yang sama yaitu untuk lebih meluaskan ruang lingkup baik ruang lingkup kelas dan materi yang akan dikaji dalam penelitian selanjutnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54668

Actions (login required)

View Item View Item