Eksploitasi trem di Kabupaten Malang tahun 1897-1979 / Cahyo Tri Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksploitasi trem di Kabupaten Malang tahun 1897-1979 / Cahyo Tri Wibowo

Wibowo, Cahyo Tri (2013) Eksploitasi trem di Kabupaten Malang tahun 1897-1979 / Cahyo Tri Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo Tri Cahyo. 2013. Eksploitasi Trem di Kabupaten Malang Tahun 1897-1979. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing (I) Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum (II) Dr. Reza Hudiyanto M.Hum Kata Kunci Kabupaten Malang Trem Penumpang Pada awal abad ke-19 Kabupaten Malang merupakan sebuah kawasan pedalaman di Karesidenan Pasuruan. Semenjak diberlakukannya Undang-Undang Agraria tahun 1870 Kabupaten Malang telah berubah menjadi kawasan sentra perkebunan. Dengan semakin meningkatnya lahan perkebunan di kawasan ini banyak masyarakat yang berpindah ke Kabupaten Malang. Dengan semakin meningkatnya jumlah lahan perkebunan dan semakin meningkatnya jumlah pabrik gula di kawasan ini maka pemerintah memberikan izin kepada pihak swasta yakni Malang Stoomtram Maattschappi(MSM) untuk membuka jalur trem. Fungsi utama dari trem di Kabupaten Malang adalah untuk mengangkut gula menuju stasiun kemudian diangkut dengan kereta api menuju Surabaya. Tiga permasalahan muncul yang kemudian dilanjutkan menjadi penelitian yaitu (1) bagaimanakah perkembangan trem di Kabupaten Malang (2) bagaimana fungsi trem di Kabupaten Malang pada tahu 1879-1997 dan (3) bagaimanakah dampak oprasional trem terhadap kondisi perekonomian di Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah adalah metode penelitian historis. Langkah-langkah yang digunakan dalam metode penelitian historis adalah (1) penentuan judul (2) langkah kedua adalah heuristik atau pengumpulan data (3) langkah ketiga adalah kritik (4) langkah keempat adalah interpretasi (5) langkah terakhir adalah historiografi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) fungsi utama trem pada awalnya adalah sebagai sarana untuk mengangkut hasil pabrik dan perkebunan kemudian meningkat menjadi moda transportasi masal pada masa revolusi trem juga berfungsi untuk mengagkut para tentara dari Kota Malang menuju Kabupaten Malang. (2) keberadaan trem memberikan dampak kepada sektor ekonomi sosial dan tata ruang di Kabupaten Malang. Pada sektor ekonomi keberadaan trem telah meningkatkan tingkat perekonomian daerah-daerah di Kabipaten Malang yang sebelumnya tertutup menjadi terbuka. Pada sektor sosial dengan adanya modernisasi pada bidang transportasi di Kabupaten Malang telah menjadikan Kabupaten Malang sebagai kawasan tujuan perpindahan penduduk. Dampak yang terakhir adalah keberadaan jalur trem telah mempengaruhi tata ruang di Kabupaten/Kota Malang. Masyarakat mulai mendirikan rumah hunian di sekitar jalur trem. Kawasan yang dilalui oleh trem dan terdapat stasiun trem akan menjadi kawasan yang ramai akan kegiatan perekonomian. Penulis menyarankan bahwa perlu dilakukan penelitian mengenai proses nasionalisasi perusahaan trem. Selain itu juga perlu dilakukan penelitian tentang peranan pemerintah dan pihak PT. KAI dalam mengembangkan dan menjaga aset bersejarah. Penulisan penelitian ini masih jauh dari kata sempurna diharapkan pembaca mampu memberikan masukan bagi penulis sehingga menjadikan karya tulis ini menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54666

Actions (login required)

View Item View Item