Santoso, Hendra Dwi (2013) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis video google earth yang terintegrasi dalam microsoft powerpoint 2010 untuki meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 tahun ajaran 2012/2013 / Hendra Dwi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Santoso Hendra Dwi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Video Google Earth yang Terintegrasi dalam Microsoft Powerpoint 2010 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN Malang I Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum (2) Aditya N. Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran sejarah video google earth motivasi belajar sejarah. Pemanfaatan dan pengembangan teknologi pada masa kini merupakan suatu hal yang sangat penting terutama dalam bidang pendidikan. Teknologi digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang timbul dalam kegiatan belajar mengajar termasuk untuk pelajaran sejarah. Di MAN Malang I pelajaran sejarah untuk kelas XI IPA mempunyai alokasi 1 jam pelajaran setiap minggu. Penyampaian materi sejarah sering dilakukan dengan menggunakan metode ceramah oleh guru sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa dan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa terhadap pelajaran sejarah. Media pembelajaran sejarah berbasis video google earth yang terintegrasi dalam microsoft powerpoint 2010 merupakan salah satu bentuk pengembangan teknologi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dan meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini secara khusus berfokus pada pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pelajaran sejarah. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah model deskriptif-prosedural yang diantaranya (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) analisis tujuan pembelajaran (3) pengembangan materi pelajaran (4) mengembangkan alat evaluasi yaitu berupa data angket (5) menulis media (6) melakukan produksi dan (7) menyusun petunjuk pemanfaatan. Uji coba dilakukan pada tiga subjek mereka adalah ahli media ahli materi dan siswa. Data yang diperoleh dari uji coba tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik data kuesioner untuk mengukur validitas penggunaan media dalam bidang pendidikan dan motivasi belajar siswa pada pelajaran. Para ahli validasi menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran adalah valid hingga 100%. Pada titik ini peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam bidang pendidikan adalah valid. Di sisi lain uji coba siswa menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran adalah 86% sehingga dinyatakan valid dan tidak memerlukan revisi. Peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari 60% sebelum media pembelajaran tersebut diterapkan meningkat hingga 69% setelah diterapkan. Saran yang diajukan adanya media pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah dan perlunya pengembangan media lainnya yang lebih kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54665 |
Actions (login required)
View Item |