Alvira, Desy Intan (2013) Pengaruh penggunaan media gambar berseri dalam p[embelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IA di SMA Negeri 1 Lawang / Desy Intan Alvira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Alvira Desy Intan. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Numbered Head Together) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang . Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum (2) Dra. Yuliati M.Hum Kata Kunci media gambar berseri numbered head together hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) merupakan perpaduan media dan model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Praktik kegiatan pembelajaran sejarah di kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang masih bersifat konvensional banyak siswa yang merasa bosan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Proses kerjasama dalam diskusi kelompok dalam penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) memungkinkan siswa lebih memahami dan mengerti materi sejarah tidak hanya hafalan saja sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar tanpa membedakan kemampuan akademik siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang yang diajar dengan menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu (quasi experiment design). Desain eksperimen semu yang digunakan adalah pre test post test control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IA 2 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI IA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang digunakan untuk pre test dan post test. Teknik analisis data diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini bahwa 1). Hasil belajar sejarah siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29 43 % pada kelas kontrol 2). Hasil belajar sejarah siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang yang diajar dengan menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 36 56 % pada kelas eksperimen 3). Ada pengaruh hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaraan kooperatif model NHT dan kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi 5 4 dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen adalah 86 21 dan rata-rata kelas kontrol adalah 80 81. Hasil analisis data menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai ttabel adalah 1 670 dan thitung sebesar 2 694 menunjukkan bahwa (thitung ttabel ) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran kooperatif model NHT berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Lawang pada materi Demokrasi Liberal dan Demokrasi terpimpin di Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan disarankan (1) sebagai alternatif penggunaan media yang dipadukan dengan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) peneliti selanjutnya hendaknya mengujicobakan media gambar berseri dalam model pembelajaran NHT pada materi kelas dan jenjang sekolah yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54656 |
Actions (login required)
View Item |