Penggunaan media kartu domino sejarah dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 3 Malang / Erma Indriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu domino sejarah dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 3 Malang / Erma Indriana

Indriana, Erma (2013) Penggunaan media kartu domino sejarah dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 3 Malang / Erma Indriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indriana Erma. 2013. Penggunaan Media Kartu Domino Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa XI IPS 2 di SMA Negeri 3 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Ari Sapto M.Hum. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran Domino Motivasi Pandangan umum pada mata pelajaran sejarah merupakan pelajaran hafalan fakta-fakta berupa urutan tahun tokoh dan peristiwa sehingga guru dalam proses pembelajaran sejarah diperlukan suatu strategi pembelajaran yang tepat salah satunya dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi pra tindakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2012 dan pada tanggal 4 Februari 2013 diketahui bahwa permasalahan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Malang adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran dominasi siswa tertentu dan masih banyak siswa yang berbicara sendiri. Salah satu artenatif dalam mengatasi masalah ini adalah penggunaan media kartu domino sejarah yang dapat mendorong siswa untuk giat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penggunaan media kartu domino sejarah dalam pembelajaran sejarah siswa XI IPS 2 di SMA Negeri 3 Malang (2) Bagaimana motivasi belajar siswa XI IPS 2 SMA Negeri 3 Malang dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media kartu domino sejarah . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu domino sejarah dalam pembelajaran sejarah siswa XI IPS 2 SMA Negeri 3 Malang dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa XI IPS 2 SMA Negeri 3 Malang dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media kartu domino sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 27 siswa dengan rincian 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi angket wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut perencanaan pelaksanaan pengamatan/observasi dan refleksi. Pelaksanaan penggunaan media domino sejarah dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media kartu domino sejarah. Peningkatan ini ditujukan melalui aspek motivasi belajar siswa yaitu minat perhatian konsentrasi dan ketekunan. Pada siklus 1 prosentase masing-masing aspek 66 5% 67 4% 61 5% 65 2% 65 2% dan pada siklus ke 2 prosentase masing-masing aspek 79 2% 77 8% 76 8% 75 4%. Dari semua aspek mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata keseluruhan aspek motivasi belajar dari 65 2% pada siklus 1 menjadi rata-rata keseluruhan semua aspek pada siklus 2 menjadi 77 3%. Hal ini juga didukung dari hasil angket siswa pada akhir siklus 2 yaitu katagori sangat baik sebanyak 10 orang dan katagori baik sebanyak 16 orang dan katagori kurang sebanyak 1 orang. Dari data-data yang dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu domino sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan terhadap motivasi belajar siswa disarankan agar guru menggunakan media kartu domino sejarah pada materi yang lain namun harus disesuaikan materi yang tepat. Selain itu penelitian ini masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran karena terbatasnya waktu sehingga diharapkan penelitian berikutnya dapat memaksimalkan dan menyempurnakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54652

Actions (login required)

View Item View Item