Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media kartun sejarah dengan yang diajar tanpa menggunakan media kartun sejarah pada mata pelajaran sejarah semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 9 Malang / Sista Puspita Lutfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media kartun sejarah dengan yang diajar tanpa menggunakan media kartun sejarah pada mata pelajaran sejarah semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 9 Malang / Sista Puspita Lutfi

Lutfi, Sista Puspita (2013) Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media kartun sejarah dengan yang diajar tanpa menggunakan media kartun sejarah pada mata pelajaran sejarah semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 9 Malang / Sista Puspita Lutfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Kartun Sejarah Prestasi Belajar Media kartun sejarah dapat dipergunakan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran sejarah dalam mengembangkan aspek berpikir kesejarahan seperti aspek berpikir secara kronologis memahami sejarah secara komprehensif dan melakukan analisis dan interpretasi terhadap peristiwa-peristiwa sejarah. Dari latarbelakangdiatas dapatdisusunrumusanmasalah yaitu pertama bagaimana prestasi belajar siswa kelas XI IPS 4 dengan pembelajaran menggunakan media kartun sejarah kedua bagaimana prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 denganpembelajarantanpamenggunakan media kartunsejarah ketiga bagaimana perbedaan prestasi belajar kelas yang diajarmenggunakan media kartun sejarahdengan kelas yang diajar tanpamenggunakan mediakartunsejarahpadapelajaransejarah semester genaptahunajaran 2013/2014di SMA Negeri 9 Malang. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Subjek penelitian ini dibagi dalam dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol adalah kelompok yang mendapatkan perlakuan tanpamenggunakan media kartunsejarah sedangkan kelas eksperimen adalah kelompok yang mendapatkan perlakuan menggunakan media kartun sejarah. Desain penelitian eksperimen kuasi ini menggunakan desain non-equivalent (pre-test dan post-test) control-group design. Populasi dalam penelitan ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa sebanyak 28 siswa kelas XI IPS 1 dan 27 siswa kelas XI IPS 4. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sample yang diambil atas dasar nilai rata-rata sejarah siswa yang hampir sama dan dianggap homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil post test siswa pada kelas XI IPS 1 adalah 78 62dan kelas XI IPS 4 adalah 82 25. Data hasil belajar dari masing masing kelompok tersebut diuji hipotesis menggunakan uji-t dengan rumust_hit (x 773 _1-x 773 _2)/ 8730 (s 2 (1/n_1 1/n_2 ) ) . Dari uji-t diperoleh hasil t hitung(7 009) t tabel (2 004)dengan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 5% (0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54637

Actions (login required)

View Item View Item