Pengembangan modul sejarah berbasis kemampuan berpikir kritis untuk siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Batu / Fitria Restiarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sejarah berbasis kemampuan berpikir kritis untuk siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Batu / Fitria Restiarini

Restiarini, Fitria (2013) Pengembangan modul sejarah berbasis kemampuan berpikir kritis untuk siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Batu / Fitria Restiarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Restiarini Fitria. 2013. Pengembangan Modul Sejarah Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis untuk Siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Batu. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Legawa M.Si (II) Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci pengembangan modul sejarah berpikir kritis Memahami suatu peristiwa sejarah tidak cukup dengan mengandalkan satu sumber belajar apalagi hanya terbatas pada penjelasan dari guru sejarah. Penggunaan modul sejarah dalam proses belajar mengajar dapat menjadi suatu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan di sekolah maupun belajar mandiri siswa di rumah. Pengembangan modul sejarah yang dikembangkan lebih mengarah pada kemampuan berpikir kritis. Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan kepekaan siswa dalam berpikir kritis perlu dilatih dan dibiasakan. Pemilihan SMAN 2 Batu sebagai tempat penelitian karena buku penunjang untuk pembelajaran sejarah masih kurang memadai. Siswa hanya mengandalkan Lembar Kerja Siswa dan tidak mempunyai sumber belajar yang lain serta menganggap mata pelajaran sejarah hanya suatu hafalan padahal pemahaman terhadap materi itu sangat penting. Siswa lebih menyukai bahan ajar yang menarik dan disertai ilustrasi gambar sehingga dilakukan pengembangan modul. Materi pelajaran sejarah yang digunakan dalam pengembangan modul sejarah ini adalah tentang pendudukan Jepang di Indonesia. Alasan pemilihan materi karena siswa diharapkan dapat memahami peristiwa tersebut meskipun alokasi waktu untuk pembelajaran hanya sedikit. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan modul sejarah berbasis kemampuan berpikir kritis untuk SMAN Kelas XI yang nantinya diharapkan dapat membantu siswa selama proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Model penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau Developmental Research. Langkah pengembangan modul ini meliputi penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk awal uji coba lapangan merevisi hasil uji coba dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Uji validasi melibatkan 3 validator yaitu para ahli yang terdiri dari 1 dosen sejarah dan 2 guru sejarah. Uji coba lapangan melibatkan subjek uji yang terdiri dari 6 siswa SMA program IPS karena sampel yang diambil sudah mewakili tingkat kemampuan akademik di kelas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji validasi para ahli diperoleh persentase sebanyak 89 70%. Hasil tersebut mendapatkan kriteria sangat valid (85-100%) sehingga tidak perlu direvisi. Sedangkan hasil uji lapangan menggunakan angket menunjukkan bahwa jumlah persentase sebanyak 85 83%. Hasil tersebut mendapatkan kriteria sangat valid (85-100%) sehingga tidak perlu direvisi. Berdasarkan komentar dan saran dari validator modul perlu diperbaiki dalam hal penulisan huruf miring dan penyusunan kalimat. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54634

Actions (login required)

View Item View Item