Penerapan model pembelajaran course review horay dan hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Ponggok / Dwi Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran course review horay dan hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Ponggok / Dwi Irawati

Irawati, Dwi (2013) Penerapan model pembelajaran course review horay dan hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Ponggok / Dwi Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Course Review Horay Hasil Belajar Sejarah. Berdasarkan hasil observasi pratindakan kelas X di SMA Negeri 1 Ponggok dapat diketahui nilai rata-rata sejarah masih dibawah SKM. Kemampuan siswa yang rendah dalam pelajaran sejarah ini di karenakan siswanya kurang begitu aktif dalam kegiatan belajar di kelas hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih didominasi oleh guru guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa cepat merasa bosan karena siswa hanya bertindak sebagai pendengar saja hal ini dapat dilihat pada saat kegiatan belajar di kelas berlangsung antara guru dengan siswa tidak ada timbal balik. Model pembelajaran Course Review Horay diharapkan siswa dapat memahami materi yang telah diberikan dengan mudah. Pemahaman siswa tentang materi yang bersangkutan dievaluasi dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Selain itu model pembelajaran Course Review Horay menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dengan demikian siswa tidak mengalami kejenuhan dalam proses belajar dan antara siswa dengan guru ada timbal balik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ponggok (2) Bagaimana perbedaan hasil belajar Sejarah model pembelajaran Course Review Horay siswa di SMA Negeri 1 Ponggok . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendiskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ponggok dan untuk mendiskripsikan perbedaan hasil belajar Sejarah model pembelajaran Course Review Horay siswa di SMA Negeri 1 Ponggok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian pretest-posttes control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XE sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes objektif. Data dari penelitian ini terdiri dari tiga jenis yaitu data kemampuan awal siswa data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara skor post-tes dan skor pretes (Gain Score). Gain Score tersebut selanjudnya dianalisis menggunakan uji t dua sample tidak berpasangan (Independent Sample t test) menggunakan bantuan SPSS 16. 0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sejarah siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikasi sebesar 0 034. Dengan demikian nilai signifikasi0 034

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54633

Actions (login required)

View Item View Item