Penerapan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI E-1 semester gasal 2012-2013 SMAN 2 Malang / Rizki Multianto Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI E-1 semester gasal 2012-2013 SMAN 2 Malang / Rizki Multianto Nugroho

Nugroho, Rizki Multianto (2013) Penerapan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI E-1 semester gasal 2012-2013 SMAN 2 Malang / Rizki Multianto Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Pembelajaran PQ4R Pembelajaran Sejarah Hasil belajar. Tujuan utama pembelajaran strategi pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Recite Reflect and Review) oleh peneliti di kelas XI E-1 semester gasal 2012/2013 SMAN 2 Malang adalah mengajarkan siswa untuk memotivasi dan menggemari pelajaran sejarah dengan membaca yang lebih kreatif. Guru sejarah kelas XI E-1 menyadari bahwa perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena selama ini guru sejarah kelas XI E-1 SMAN 2 Malang belum variatif dalam strategi pembelajaran. Guru lebih sering berceramah sehingga memunculkan kebosanan dalam pembelajaran sejarah siswa. Di perparah lagi siswa kelas XI E-1 SMAN adalah siswa yang mempunyai karakteristik sebagian besar siswanya kurang gemar dalam membaca modul sejarah. Padahal modul adalah pembelajaran yang bersifat mandiri. Menurut guru sejarah strategi PQ4R belum pernah diterapkan di SMA Negeri 2 Malang. Untuk itu peneliti menawarkan solusi perbaikan pembelajaran untuk memotivasi siswa agar gemar membaca lebih kreatif dengan strategi PQ4R. Sampai dengan penelitian tindakan nyata di dalam kelas peneliti berkolaboratif partisipasi dengan guru sejarah. Penjelasan dari kolaboratif partisipasi ini adalah guru sejarah sebagai pemberi tindakan dibantu oleh peneliti sebagai observer. Dari pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-4 guru melaksanakan strategi PQ4R sesuai dengan petunjuk peneliti pada observasi awal sebelum pertemuan ke-1. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI E-1 SMA Negeri 2 Malang tepatnya di Jalan Martadinata 84 Malang. Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah menengah atas yang memakai sistem pendidikan full-day-school. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan model pembelajaran sejarah menggunakan PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI E-1 SMAN 2 Malang. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 55 15 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 12 5%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa siswa untuk tes hasil belajar kognitif meningkat menjadi 83 04 dan persentase ketuntasan kelas sebesar 92 86%. Akan tetapi target ketuntasan kelas pada penelitian tindakan ini belum tercapai karena siswa yang memperoleh skor minimal 75 atau siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada kelas XI E-1 SMAN 2 Malang belum mencapai 70%. Sehingga dapat diberikan saran sebagai berikut kepada kepala sekolah supaya lebih mendorong guru-guru untuk lebih inovatif dalam meningkatkan penggunaan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran. Hal ini telah dibuktikan pada kelas XI E-1 yang telah menggunakan strategi pembelajaran PQ4R hasil belajarnya lebih baik daripada sebelumnya dengan pembelajaran klasikal. Kepada bapak/ibu guru dapat menerapkan penggunaan strategi pembelajaran PQ4R dalam proses pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun Bapak/Ibu guru harus memperhatikan beberapa hal yaitu mempersiapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan seperti LKS memperhatikan petunjuk pemanfaatan sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kepada siswa dapat menggunakan strategi PQ4R dalam pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dengan strategi pembelajaran yang biasa digunakan (ceramah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54630

Actions (login required)

View Item View Item