Upaya guru sejarah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pagak / Lista Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru sejarah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pagak / Lista Wahyuni

Wahyuni, Lista (2013) Upaya guru sejarah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pagak / Lista Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Guru Sejarah Implementasi Pendidikan Karakter SMA Negeri 1 Pagak Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan juga membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berkaitan dengan fungsi dan tujuan dari pendidikan nasional tersebut maka pendidikan karakter memiliki peran penting dalam sebuah lembaga satuan pendidikan. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah-sekolah guna mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional termasuk di SMA Negeri 1 Pagak. Berbagai upaya dilakukan oleh seluruh pihak sekolah SMA Negeri 1 Pagak dalam mengimplementasikan pendidikan karakter termasuk upaya yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Pagak. SMA Negeri 1 Pagak dipilih oleh peneliti sebagai objek penelitian karena SMA Negeri 1 Pagak merupakan salah satu sekolah menengah atas yang terletak di pinggiran yakni di Kecamatan Pagak yaitu di daerah Malang Selatan dan merupakan satu satunya SMA Negeri di Kecamatan Pagak tersebut. Meskipun sekolah ini terletak di daerah pinggiran banyak prestasi yang telah diraih oleh SMA ini baik itu prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Untuk peneliti mengambil judul ini untuk mengkaji mendalam tentang pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pagak. Masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Bagaimana pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pagak . (2) Bagaimana upaya guru sejarah dalam menimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pagak . (3) Bagaimana dampak pengimplementasian pendidikan karakter pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pagak Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode penelitian gabungan yaitu menggabungkan antara kualitatif dengan kuantitatif dimana kualitatif lebih mendominasi dan data kuantitatif digunakan untuk melengkapi data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara observasi studi dokumenter serta pengisian angket. Sampel penelitian diambil secara acak. Sampel yang diambil adalah 56 orang. Analisis data dilakukan dengan menggabungkan hasil wawancara observasi studi dokumenter hasil jawaban angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pagak diimplementasikan melalui pengembangan kurikulum pengintegrasian dalam seluruh mata pelajaran serta melalui program-program pengembangan diri. Pendidikan karakter diterapkan juga melalui kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh sekolah. Upaya yang dilakukan oleh guru sejarah dalam mengimplementasikan dengan memasukkan nilai karakter kedalam sillabus dan RPP mereka. Dalam mengimplementasikannya di kelas berbeda-beda. Dalam pengimplementasiannya meski belum maksimal namun sudah dilaksanakan. Upaya pengimplementasian pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Pagak mulai tampak ke 18 nilai karakter yang telah diupayakan untuk diimplementasikan di SMA Negeri 1 Pagak telah mulai berkembang hal ini berdasarkan dari tabulasi angket serta hasil observasi peneliti. Meskipun dalam pengimplementasian yang dilakukan oleh guru sejarah belum maksimal namun siswa sudah menampakkan nilai karakter yang mulai berkembang. Terlihat dalam hasil tabulasi data angket bahwa ke-18 nilai karakter mulai dari Religius hingga tanggung jawab yang diimplementasikan di SMA Negeri 1 Pagak telah berkembang hal tersebut nampak dalam kegiatan siswa disekolah sehari-hari. Dalam penelitian ini hanya memfokuskan pada tema bahasan tentang upaya guru sejarah saja sedangkan dalam mengkaji dampak dari pengimplementasian pendidikan karakter sendiri belum terkaji secara rinci sehingga disarankan untuk peneliti selanjutnya agar mengkaji lebih mendalam tentang dampak pengimplementasian pendidikan karakter tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54616

Actions (login required)

View Item View Item