Sejarah perkembangan trem di gemeente Surabaya tahun 1911-1934 / Baihaqi Al Mutoif - Repositori Universitas Negeri Malang

Sejarah perkembangan trem di gemeente Surabaya tahun 1911-1934 / Baihaqi Al Mutoif

Al Mutoif, Baihaqi (2012) Sejarah perkembangan trem di gemeente Surabaya tahun 1911-1934 / Baihaqi Al Mutoif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Surabaya Trem Penumpang Pada awal abad ke-19 Surabaya merupakan kota perdagangan dan industri terbesar di Jawa. Tahun 1870 merupakan awal penerapan undang-undang agraria yang membuka Hindia Belanda untuk investor oleh karena itu tahun 1870 banyak orang Eropa yang datang ke Hindia Belanda pada umumnya dan Surabaya pada khususnya. Kedatangan orang Eropa tersebut merupakan awal dari terbentuknya kota indies di Hindia Belanda dengan fasilitas yang lengkap salah satunya adalah jaringan kereta api. Trem memiliki beberapa persamaan dengan kereta api yaitu memiliki jalur khusus berupa rel memiliki lokomotif dan gerbong namun trem memiliki perbedaan dengan kereta api yaitu memiliki rel yang lebih kecil dan jaringan trem hanya berada di dalam kota. Trem di Surabaya pada zaman Hindia Belanda mampu memenuhi kebutuhan transportasi dan perdagangan di Surabaya. Tiga permasalahan muncul kemudian untuk dilanjutkan menjadi penelitan yaitu (1) bagaimana perkembangan trem di Surabaya (2) apa peranan trem sebagai alat transportasi pada tahun 1911-1934 dan (3) bagaimana dampak operasional trem terhadap perkembangan masyarakat Kota Surabaya tahun 1911-1934. Metode peneitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah adalah metode penelitian historis dengan jenis penelitian deskriptif-observasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam metode penelitian historis adalah (1) penentuan judul berdasarkan kedekatan emosional peneliti ketika menaiki kereta komuter di Surabaya dan kedekatan intelektual peneliti ketika membaca buku berjudul Tempo Doeloe Selaloe Aktual yang terdapat tulisan Masykur Ismail yang berjudul Kereta Api Di Madura (2) langkah kedua adalah heuritistik atau pengumpulan data sekunder yang berupa buku dan data primer yang berupa arsip dari Badan Arsip Jawa Timur dan Arsip Nasional (3) langkah ketiga adalah kritik eksternal berupa kertas bahasa serta tulisan yang telah diuji oleh ahli di Arsip Nasional dan kritik internal mencocokkan antara arsip laporan perusahaan dengan surat yang dikeluarkan oleh direktur perusahaan sehingga berkesinambungan (4) langkah keempat adalah interpretasi dari dokumen yang diperoleh dengan dianalisis dan dilakukan sintetis (5) semua proses yang telah dilakukan kemudian dilakukan historigrafi menjadi laporan yang disusun secara sistematis dan terperinci. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) trem uap yang dioperasikan pertama kali 1889 menimbulkan kemacetan dan polusi sehingga tahun 1911 diganti trem listrik. Beroperasinya trem listrik tidak menghapuskan peran trem uap karena trem uap berperan bagi perdagangan Kota Surabaya. (2) Penumpang trem uap menurun ketika trem listrik dioperasikan namun penumpang trem listrik kemudian menurun ketika krisis melanda Hindia Belanda dan taksi mulai dioperasikan. (3) Keberadaan trem memberikan tiga dampak bagi masyarakat ii yaitu dampak sosial adalah urbanisasi dan melonggarnya status sosial yang berdasarkan warna kulit menjadi berdasarkan ekonomi dan pendidikan pada masyarakat Surabaya dampak ekonomi berupa kelancaran distribusi komoditi pasar dampak ruang tata kota berupa perkembangan pusat keramaian dan pemukiman. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah masih banyak sejarah transportasi yang belum diangkat oleh akademisi sebagai kajian mengenai sejarah teknologi dan penelitian mengenai sejarah transportasi di Hindia Belanda dapat dijadikan kajian yang menarik sebagai saran pemecahan problem kota besar yang berupa kemacetan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54615

Actions (login required)

View Item View Item