Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran sejarah dengan sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Halimatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran sejarah dengan sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Halimatus Sa'diyah

Sa'diyah, Halimatus (2012) Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran sejarah dengan sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Halimatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi KTSP Pelajaran Sejarah Sistem Kredit Semester. SMA Negeri 2 Malang merupakan satu-satunya sekolah di Malang yang dalam proses pembelajarannya menggunakan sistem kredit semester (SKS). Dengan menggunakan sistem ini terlihat perbedaan-perbedaan dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah antara lain mata pelajaran sejarah dapat ditempuh dalam empat semester untuk jurusan IPA dan lima semester untuk jurusan IPS sumber belajar yang digunakan adalah modul penjurusan dilakukan pada semester kedua adanya semester pendek untuk siswa yang nilai mata pelajarannya tidak memenuhi standar KKM Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) landasan hukum apa yang digunakan dalam pelaksanakan sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Malang (2) bagaimanakah pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 2 Malang tentang KTSP dan SKS (3) bagaimanakah penerapan KTSP dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Malang (4) apa factor pendukung dan penghambat penerapan KTSP dengan SKS dalam pembelajaran sejarah serta upaya-upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data primer adalah Guru Sejarah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum serta peserta didik dan dokumen-dokumen sekolah berupa arsip-arsip. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik ini dilakukan untuk mencari keakuratan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 pasal 11 ayat (2) dan (3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 12 ayat (1) dan pasal 38 ayat (2). (2) pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 2 Malang mengenai KTSP dan SKS tidak hanya mengetahui garis besarnya saja namun juga memahami konsep dasar KTSP namun dalam penerapan SKS mengalami hambatan (3) dalam persiapan pembelajaran guru membuat perangkat pembelajaran seperti program tahunan program semester silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat untuk beberapa pertemuan. (4) faktor pendukungnya adalah adanya program perbaikan untuk mata pelajaran yang tidak memenuhi KKM siswa lebih bertanggung jawab terhadap pendidikannya dan factor penghambat guru membuat modul sendiri sebagai sumber belajar serta Ujian Nasional yang dilakukan sekali dalam satu tahun. vii Dari hasil penelitian tersebut disarankan (1) guru hendaknya selalu meningkatkan pemahamannya tentang KTSP dengan SKS serta menerapkannya secara professional (2) guru hendaknya dapat mengembangkan sendiri dalam menyusun silabus sesuai dengan kondisi sekolah (3) guru harus kreatif dan inovatif dalam penggunaan metode pembelajaran (4) bagi pihak sekolah hendaknya secara berkala mengadakan seminar workshop serta rapat kerja mengenai KTSP dengan SKS. Kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada bagaimana guru sejarah memetakan bahan ajar dan evaluasi yang dilakukan pada SMA Negeri 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54603

Actions (login required)

View Item View Item