Penggunaan buku sekolah elektronika IPS sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sejarah di SMP Negeri 4 Malang / Titik Suindari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan buku sekolah elektronika IPS sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sejarah di SMP Negeri 4 Malang / Titik Suindari

Sundari, Titik (2012) Penggunaan buku sekolah elektronika IPS sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sejarah di SMP Negeri 4 Malang / Titik Suindari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci BSE IPS Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah. Penggunan Buku Sekolah Elektronik secara umum di Indonesia mulai tahun 2010 seiring dengan adanya program BOS Buku dari pemerintah. Pemerintah membeli hak cipta buku kemudian semuanya diberi nama Buku Sekolah Elektronik (BSE). Buku Sekolah Elektronik tersebut kemudian direkomendasikan ke sekolahsekolah. SMP Negeri 4 Malang termasuk yang mendapatkan rekomendasi BSE dari Depdiknas Kota Malang. Alasan pemilihan BSE IPS sebagai judul adalah karena BSE dierbitkan dalam berbagai versi yaitu dalam bentuk file CD serta dicetak menjadi buku teks. Sedangkan alasan dipilihnya SMP Negeri 4 Malang sebagai tempat penelitian karena SMP Negeri 4 Malang merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan rekomendasi BSE dari Depdiknas Kota Malang. Alasan lain adalah adanya perbedaan diantara masing-masing guru sejarah di SMP Negeri 4 Malang dalam menggunakan BSE IPS dalam pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Persepsi guru sejarah SMP Negeri 4 Malang terhadap BSE IPS yang digunakan di SMP Negeri 4 Malang unsur yang dikaji khususnya tentang materi grafika atau layout dan bahsa yang digunakan (2) Penggunaan BSE IPS cetak karangan Nanang Herjunanto dan Muh Nurdin dalam Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Guru Sejarah SMPN 4 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan berikut (a) pengumpulan data (b) reduksi data dan penyajian data (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap BSE IPS yang digunakan di SMP Negeri 4 Malang khususnya tentang tiga aspek materi layout dan bahasa yang digunakan dalam BSE IPS adalah kurang bagus materi yang ada kurang detail penjelasannya namun susunannya tetap sesuai dengan SK dan KD layoutnya kurang menarik bahasa yang digunakan agak sulit dipahami (2) BSE IPS yang digunakan di SMP Negeri 4 Malang adalah BSE cetak karangan Nanang Herjunanto untuk kelas VIII dan IX serta karangan Muh Nurdin untuk kelas VII BSE IPS juga digunakan oleh guru sebagai bahan acuan untuk memberikan tugas siswa metode yang digunakan oleh guru saat mengajar menggunakan BSE IPS yang dominan adalah metode ceramah guru menggunakan pendamping buku lain untuk menunjang materi yang ada di BSE IPS siswa mendapat tugas membuat kliping membuat makalah membaca buku lain di perpustakaan mencari bahan materi di internet bertujuan untuk menunjang kekurangan materi dalam BSE IPS. ii Untuk saran dalam penelitian ini yaitu (1) Bagi lembaga fakultas hendaknya hasil penelitian ini bisa dijadikan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan berkaitan dengan penggunaan bahan ajar di sekolah (2) Bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang hendaknya lebih selektif lagi dalam merekomendasikan buku teks untuk sekolah-sekolah serta benar-benar memperhatikan kualitas buku yang direkomendasikan (3) Bagi guru hendaknya terus berupaya memberikan pengajaran yang terbaik untuk siswa-siswanya serta selektif dalam menggunakan bahan ajar (4) Bagi peneliti hendaknya mampu mengambil pelajaran dari apa yang diperoleh serta lebih memaksimalkan pengetahuan sebalum terjun ke lapangan untuk menjai pendidik yang profesional (5) Bagi peneliti lain hendaknya bisa lebih luas lagi dalam meneliti tantang Buku Sekolah Elektronik karena penelitian ini masih dalam lingkup yang masih terlalu sempit satu sekolah saja serta aspek yang dikaji juga masih teralalu sempit sehingga untuk peneliti selanjutnya lebih bagus jika penelitian ini dilakukan lebih dari satu lokasi untuk mengetahui apakah BSE yang direkomendasikan Depdiknas sudah maksimal penggunaannya di kota Malang atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54600

Actions (login required)

View Item View Item