Susilo, Octario Sakti (2015) Pengembangan multimedia interaktif IPA kelas V pokok bahasan organ tubuh manusia dan hewan di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngadisuko Trenggalek / Octario Sakti Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susilo Octario Sakti. 2015. Pengembangan multimedia interaktif IPA kelas V pokok bahasan organ tubuh manusia dan hewan di sekolah dasar negeri 1 Ngadisuko Trenggalek. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan pesat dalam aspek kehidupan manusia. Salah satu bidang yang mendapat dampak cukup berarti dalam perkembangan IPTEK adalah bidang pendidikan. Oleh karena itu diperlukan suatu program pendidikan sebagai usaha mengembangkan pendidikan sesuai dengan perkembangan IPTEK. Usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan menyediakan media pembelajaran yang lebih modern salah satunya adalah media pembelajaran berbasis komputer. Multimedia interaktif adalah salah satu media pembelajaran berbasis komputer yang memadukan antara teks gambar animasi audio dan video serta interaktifitas yang saling berkaitan. Proses pembelajaran yang hanya menggunakan media konvensional menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Materi pembelajaran yang bersifat abstrak menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi kurang jelas sehingga perlu adanya visualisasi materi yang abstrak menjadi lebih konkrit. Belum tersedianya multimedia interaktif pembelajaran yang berbasis komputer di SDN 1 Ngadisuko Trenggalek melatar belakangi pengembangan multimedia pembelejaran interaktif ini. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif yang valid sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas V pokok bahasan organ tubuh manusia dan hewan SD Negeri 1 Ngadisuko Trenggalek. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R D) Borg and Gall yang prosedur pengembangannya telah dimodifikasi oleh Nana Sukmadinata. Tahapan penelitian meliputi studi pendahuluan pengembangan model dan uji model. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ngadisuko. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (instrument ahli media ahli materi dan siswa) dan kualitatif . Multimedia Interaktif divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diuji cobakan kepada 20 siswa 5 siswa uji coba kelompok kecil 15 siswa uji coba lapangan. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 90% hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 100% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor persentase 90% dan dari uji coba kelompok besar didapat skor persentase 89.6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa secara keseluruhan media yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid atau layak untuk dijadikan media sebagai penunjang belajar dalam mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan organ tubuh nabusia dan hewan kelas V SD. Dalam pemanfaatan multimedia interaktif sebaiknya user sudah terbiasa mengoperasikan komputer kemudian menyediakan sarana pendukung seperti PC atau laptop yang spesifikasinya memenuhi kriteria dari multimedia interaktif dan terakhir adalah membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar nantinya dalam mengoperasikan multimedia interaktif user tidak menemui kesulitan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/546 |
Actions (login required)
View Item |