Pengaruh penggunaan media pembelajaran film dokumenter pada mata pelajaran IPS Sejarah terhadap minat belajar siswa kelas 8 SMPN 13 Malang / Varida Triana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran film dokumenter pada mata pelajaran IPS Sejarah terhadap minat belajar siswa kelas 8 SMPN 13 Malang / Varida Triana Sari

Sari, Varida Triana (2012) Pengaruh penggunaan media pembelajaran film dokumenter pada mata pelajaran IPS Sejarah terhadap minat belajar siswa kelas 8 SMPN 13 Malang / Varida Triana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Film Dokumenter Minat belajar. Media pembelajaran merupakan bagian penting dalam suatu proses pembelajaran. Dengan media pembelajaran yang inovatif kreatif dan menyenangkan pasti akan mampu menumbuhkan minat belajar siswa. Sebaliknya jika media yang dipakai dalam suatu proses pembelajaran kurang menarik pasti siswa akan merasa jenuh bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Guru sebagai ujung tombak dalam suatu proses pembelajaran dituntut untuk mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui media pembelajaran yang aktif kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa di SMPN 13 Malang terhadap mata pelajaran IPS Sejarah dan bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa film dokumenter pada mata pelajaran IPS Sejarah di SMPN 13 Malang sebagai tempat penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan mixed Methods dengan desain Eksploratory jenis Exploratory Design Instrument Development Model (QUAN Emphasized). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8B dan 8D semester dua SMPN 13 Malang berjumlah 76 siswa yang diambil dengan teknik Purposive Random Sampling. penelitian ini diawali dengan melakukan pendekatan kualitatif melalui observasi lapangan kemudian melakukan pengembangan instrumen dengan membuat film dokumenter dilanjutkan penelitian melalui penyebaran angket minat belajar dan memperoleh data kuantitatif yang akan di analisis dengan metode Posttest-Only Control Desaign untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yakni pembelajaran dengan media film dokumenter dan kelompok kontrol pembelajaran tanpa menggunakan media film dokumenter. Berdasarkan penelitian diatas diperoleh dua hasil penelitian yakni sebagai berikut. Pertama. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS sejarah masih tergolong rendah. Hal ini dapat diketahui melalui hasil wawancara dengan 18 siswa dan seorang guru di SMPN 13 Malang. Dari 18 siswa hanya 4 siswa yang menyukai pelajaran IPS sejarah. Dalam proses pembelajaran di kelas hanya 65% siswa yang berkonsentrasi pada pelajaran. Kedua terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dari hasil uji-t yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 3 481 dan ttabel sebesar 1 666. thitung lebih besar dari ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima maka ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang diajar menggunakan media film dokumenter dan tidak menggunakan media film dokumenter pada pembelajaran IPS Sejarah. Dengan demikian disarankan diadakan penelitian sejenis dengan pemanfaatan media film dokumenter yang lebih kreatif inovatif untuk menumbuhkan minat belajar IPS sejarah pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54596

Actions (login required)

View Item View Item