Hubungan hasil belajar matakuliah-matakuliah prsayarat KKL, terintegrasi dengan matakuliah KKL terintegrasi mahasiswa prodi pendidikan sejarah UM angkatan 2005-2008 / Lilik Tri Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan hasil belajar matakuliah-matakuliah prsayarat KKL, terintegrasi dengan matakuliah KKL terintegrasi mahasiswa prodi pendidikan sejarah UM angkatan 2005-2008 / Lilik Tri Handayani

Handayani, Lilik Tri (2012) Hubungan hasil belajar matakuliah-matakuliah prsayarat KKL, terintegrasi dengan matakuliah KKL terintegrasi mahasiswa prodi pendidikan sejarah UM angkatan 2005-2008 / Lilik Tri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar matakuliah prasyarat KKL Terintegrasi Pencapaian hasil belajar pada matakuliah-matakuliah prasyarat KKL Terintegrasi berhubungan dengan pencapaian hasil belajar pada KKL Terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar matakuliah-matakuliah prasyarat KKL Terintegrasi dengan hasil belajar KKL Terintegrasi mahasiswa Pendidikan Sejarah UM Angkatan 2005-2008. Dengan hasil belajar matakuliah-matakuliah prasyarat KKL Terintegrasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar KKL Terintegrasi sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian korelasi dan menggunakan rancangan penelitan ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase dan analisis korelasi Product Moment. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana hasil belajar matakuliah-matakuliah Prasyarat KKL Terintegrasi mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2005-2008 (2) bagaimana hasil belajar matakuliah KKL Terintegrasi mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2005-2008 (3) bagaimana hubungan antara hasil belajar matakuliah-matakuliah Prasyarat KKL Terintegrasi dengan hasil belajar KKL Terintegrasi mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2005-2008. Hasil penelitian ini dapat diketahui (1) rata-rata mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UM angkatan 2005-2008 mempunyai hasil belajar yang baik dengan nilai 3.00 (2) Hasil belajar Kuliah Kerja Lapangan Terintegrasi mahasiswa Pendidikan Sejarah UM Angakatan 2005-2008 berada pada kategori cukup sempurna dengan nilai 3.70 (3) Ada hubungan antara hasil belajar matakuliah-matakuliah prasyarat Kuliah Kerja Lapangan Terintegrasi dengan Kuliah Kerja Lapangan Terintegrasi mahasiswa Pendidikan Sejarah UM Angakatan 2005-2008. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah sebelum mengambil KKL Terintegrasi mahasiswa disarankan menempuh matakuliah-matakuliah prasyarat dengan baik supaya selain mempermudah dalam memahami objek yang dikunjungi serta mempermudah dalam penulisan laporan KKL Terintegrasi juga materi yang telah dipelajari dalam matakuliah-matakuliah prasyarat KKL Terintegrasi nampak dan memiliki kontribusi yang mendalam pada pembekalan pelaksanaan sampai dengan pembuatan laporan KKL Terintegrasi. Dengan demikian hasil belajar yang baik akan mudah diperoleh. Untuk peneliti selanjutnya yang mengambil penelitian sejenis sebaiknya meneliti lebih mendalam tentang faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi keberhasilan hasil belajar mahasiswa. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54595

Actions (login required)

View Item View Item