Farida, Yeni (2012) Pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII SMP Negeri 1 Malang semester gasal tahun ajaran 2011/2012 / Yeni Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci metode pembelajaran berbasis portofolio hasil belajar. SMP Negeri 1 Malang merupakan salah satu rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di Kota Malang yang berusaha mempersiapkan siswa dalam menghadapi persaingan dan perkembangan zaman. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII di SMP Negeri 1 Malang bahwa dalam proses pembelajaran guru seringkali hanya menggunakan metode ceramah dan mengerjakan soal-soal latihan sedangkan untuk penilaian hasil belajar guru menggunakan penilaian berupa tes tulis dengan alasan lebih praktis dan efisien karena guru yang bersangkutan memiliki jam mengajar lebih dari 10 jam. Hal tersebut menyebabkan sebagian besar hasil belajar siswa kelas VII adalah di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Selama ini guru belum pernah menerapkan metode pembelajaran berbasis portofolio karena guru menilai bahwa metode portofolio dianggap terlalu rumit. Padahal jika kita telaah lebih jauh portofolio lebih banyak keunggulannya dibandingkan dengan metode ceramah dimana dengan portofolio akan secara langsung mengaktifkan siswa dalam proses belajar karena dalam penerapannya menuntut siswa untuk mengungkapkan hal-hal baru yang diperoleh selama proses belajarnya Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan metode pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII semester gasal tahun ajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Malang (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII semester gasal tahun ajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Malang (3) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah Kelas VII semester gasal tahun ajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah kelas VII A dengan jumlah siswa 29 anak. Instrumen penelitian adalah (1) Instrumen perlakuan yang terdiri dari silabus/RPP (2) Instrumen pengukuran yang terdiri dari pedoman observasi pedoman angket pedoman penilaian portofolio dan tes kognitif. Tes ini terdiri dari pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah penerimaan siswa kelas VII A terhadap penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio cukup baik meskipun pada awal penerapan siswa mengalami kesulitan dalam menyusun portofolio terutama dalam menyusun bahan-bahan yang menjadi bukti kelengkapan portofolio namun pada pertemuan selanjutnya siswa sudah terbiasa dan bisa mengerjakan portofolio dengan hasil baik. Berdasarkan hasil tes awal (pre-test) dapat diketahui nilai rata-rata siswa kelas VII A dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa adalah 64 31 dan berdasarkan hasil tes akhir (post-test) nilai rata-rata dari kelas VII A adalah 83 62 dimana terdapat 3 siswa yang belum tuntas dan 26 siswa yang tuntas pada mata pelajaran IPS Sejarah materi kehidupan pada masa praaksara. Berdasarkan hasil belajar diatas terjadi peningkatan hasil belajar siswa dimana hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII SMP Negeri 1 Malang pada pokok bahasan memahami kehidupan pada masa pra aksara. Berdasarkan temuan penelitian di atas saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) guru mata pelajaran bidang studi IPS Sejarah hendaknya menerapkan portofolio sebagai satu variasi dari model dan pendekatan dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran di kelas (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih mampu mengembangkan hasil penelitian ini dengan materi yang berbeda dan sebaiknya dilakukan dengan waktu yang cukup sehingga diperoleh hasil yang maksimal serta penelitian ini digunakan sebagai acuan landasan atau literatur untuk penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54592 |
Actions (login required)
View Item |