Pengaruh penggunaan modil sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kesamben Jombang semester gasal tahun ajaran 2011/2012 / Tyas Wahyu Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan modil sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kesamben Jombang semester gasal tahun ajaran 2011/2012 / Tyas Wahyu Ningsih

Ningsih, Tyas Wahyu (2012) Pengaruh penggunaan modil sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kesamben Jombang semester gasal tahun ajaran 2011/2012 / Tyas Wahyu Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penggunaan modul sejarah Prestasi Belajar Pemilihan bahan ajar yang tepat oleh guru merupakan salah satu upaya dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran ialah modul. Modul merupakan paket pengajaran mengenai satuan bahasan tertentu yang disusun secara sistematis operasional terarah dan digunakan oleh siswa yang disertai petunjuk atau pedoman penggunaannya baik bagi siswa maupun bagi guru. Penggunaan modul pada mata pelajaran IPS/Sejarah diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana prestasi belajar siswa yang tidak mendapat pembelajaran menggunakan modul sejarah (2) Bagaimana prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan modul sejarah (3) Bagaimanakah pengaruh penggunaan modul sejarah dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa . Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa yang tidak mendapat pembelajaran menggunakan modul sejarah (2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan modul sejarah (3) Menganalisis pengaruh penggunaan modul sejarah dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test - post-test control group design. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas (X) adalah perlakuan yang diberikan berupa implementasi modul pembelajaran sejarah sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kesamben. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII C. Kelas VIII C sebagai kelas control sedangkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel berdasarkan pada kelompok yang memiliki kemampuan yang relatif sama. Rata- rata nilai IPS Terpadu kelas VIII C yaitu 68 00 dan rata- rata nilai IPS Terpadu/ Sejarah kelas VIII A yaitu 68 40. Instrumen perlakuan dalam penelitian ini adalah modul sejarah. Sedangkan instrumen untuk mengukur prestasi belajar siswa adalah tes. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis bantuan komputer SPSS 18.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar siswa yang menggunakan modul sejarah sudah baik dengan rata rata nilai kelas yaitu 76 1 (2) Prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan modul sejarah cukup baik dengan rata rata nilai kelas yaitu 70 4 (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan modul sejarah dalam pembelajaran terhadap vii prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS/Sejarah dengan nilai t pada equal variance assumed sebesar -2 758 -1 674 (t hitung t tabel) dan signifikansi 0 008 0 05 jadi H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa penggunaan modul sejarah dalam pembelajaran sejarah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Saran dalam penelitian adalah (1) Bagi Kepala sekolah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat menjadi pertimbangan untuk menerapkan model pembelajaran yang aktif efektif dan efisien (2) Bagi guru hendaknya mampu mengembangkan berbagai model pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dan kesesuaian dengan materi pelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efisien serta diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa (3) Bagi peneliti lanjutan hendaknya memperluas penilaian prestasi belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik mengukur motivasi belajar siswa serta mengembangkan modul pembelajaran secara lebih kreatif dan lengkap agar dihasilkan modul yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54588

Actions (login required)

View Item View Item