Akhadiyah, Ayu Mahmudatul (2012) Perkembangan lembaga pendidikan Maarif NU di Kota Malang 1947 - 2010 / Ayu Mahmudatul Akhadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Perkembangan Lembaga Pendidikan Maarif NU Kota Malang Lembaga Pendidikan Maarif NU adalah salah satu aparat departementasidi lingkungan organisasi NU yang berfungsi sebagai sarana dan wadah untuk mentranformasikan ide-ide doktrin-doktrin dan melestarikan nilai-nilai yang menjadi paradigma NU. Lembaga Pendidikan Maarif NU terdiri dari tingkat TK/RA SD/MI SMP/MTs SMA/MA/SMK sampai perguruan tinggi. Lembaga pendidikan ini lahir melalui proses yang panjang dan bertahap dimulai dari gerakan pendidikan Nahdlatul Wathan Tashiwul Afkar Nahdlatul Tujjar dan terus dikembangkan sejak berdirinya NU pada tahun 1926. Di Kota Malang cikal bakal lembaga pendidikan Maarif NU diawali dengan berdirinya Madrasah Nahdlatul Wathan yang didirikan oleh K.H Nahcrowi di jalan Jagalan gang II pada tahun 1923. Madrasah ini berdiri dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan pendidikan oleh masyarakat pribumi. Dampak adanya lembaga pendidikan Maarif NU di Kota Malang tidak hanya terhadap pengajaran dan pendidikan di Kota Malang tetapi juga terhadap organisasi Nahdlatul Ulama sendiri dan masyarakat di Kota Malang khususnya. Berdasarkan uraian tersebut masih banyak hal yang perlu dikaji dari lembaga pendidikan Maarif NU tetapi penelitian ini hanya difokuskan pada rumusan masalah berikut (1) Bagaimana perkembangan lembaga pendidikan Maarif NU di Kota Malang 1947-2010 (2) Bagaimana dampak perkembangan lembaga pendidikan Maarif NU di Kota Malang 1947-2010. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut adalah metode penelitian historis dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Langkah-langkah yang digunakan dalam metode penelitian historis adalah heuristik kritik sumber interpretasi dan historiografi. Untuk melengkapi data tertulis digunakan sejarah lisan dengan melakukan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) Lembaga pendidikan Maarif NU di Kota Malang yang diawali dengan pendirian Nahdlatul Wathan di Jalan Jagalan gang II dan pada tahun 1947 mulai mengembangkan pendidikan tingkat menengah pertama yang berciri Barat di tempat yang sama. Kemudian berkembang ke beberapa daerah di Kota Malang dengan beragam bentuk dan jenjang pendidikan. Perubahan-perubahan yang terjadi selama periode 1947-2010 tidak terlepas dari gerakan politik organisasi NU dalam pemerintahan di Indonesia dan beberapa kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan. Perkembangan yang terjadi tidak hanya dalam bentuk kuantitas sekolah/ madrasah tetapi juga perkembangan kualitas terutama dalam aspek mutu sekolah dan SDM guru yang terus ditingkatkan melalui kegiatan-kegiatan workshop diklat dan pelatihan-pelatihan lainnya (2) Perkembangan lembaga pendidikan Maarif NU memiliki dampak terhadap pendidikan dan pengajaran di Kota Malang yakni turut melayani dan mencerdaskan masyarakat Kota Malang melalui pendidikannya dalam hal madrasah 60% madrasah yang ada di Kota Malang adalah milik lembaga pendidikan Maarif NU. Dampak positif lainnya adalah semakin dikenalnya pendidikan dan pengajaran di Kota Malang oleh masyarakat di luar Kota Malang. Perkembangan lembaga pendidikan Maarif NU juga berpengaruh terhadap organisasi Nahdlatul Ulama yakni sebagai pentransfer ide-ide doktrin dan nilai-nilai NU agar tidak punah. Selain itu juga mencetak generasi penerus NU yang berkualitas dan mengabdikan diri kepada NU. Dampak bagi masyarakat Kota Malang sendiri adalah tersedianya pelayanan pendidikan dan memudahkan masyarakat untuk memilih berbagai jenis lembaga pendidikan Maarif NU yang ada di Kota Malang serta menghasilkan lulusan yang berguna bagi masyarakat setempat. Berdasarkan penelitian ini terdapat beberapa saran (1) Berkenaan dengan lembaga pendidikan Maarif NU diharapkan mampu bertahan dan eksis di era modern ini serta terus membenahi kekurangan terutama pada aspek kualitas dan administrasi. Walaupun kini sudah cukup baik namun tetap perlu adanya inovasi dan kedisplinan dalam menegakkannya (2) Di harapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini terutama yang berkaitan dengan pendidikan Islam yakni sekolah/madrasah. Banyak ruang kosong mengenai lembaga pendidikan Maarif NU yang masih dapat dikaji lebih lanjut dengan diadakannya penelitian yang lebih fokus pada sekolah/madrasah tertentu. Sekiranya penelitian tersebut berguna khususnya bagi pengembangan sekolah/madrasah dimasa-masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |