Minat belajar siswa kelas VII unggulan pada mata pelajaran IPS terpadu bidang sejarah di MTsN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2011/2012 / Ana Zulfatur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat belajar siswa kelas VII unggulan pada mata pelajaran IPS terpadu bidang sejarah di MTsN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2011/2012 / Ana Zulfatur Rosyidah

Rosyidah, Ana Zulfatur (2012) Minat belajar siswa kelas VII unggulan pada mata pelajaran IPS terpadu bidang sejarah di MTsN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2011/2012 / Ana Zulfatur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci minat belajar kelas unggulan mata pelajaran IPS Terpadu bidang sejarah. Berdasarkan observasi awal yang telah peneliti lakukan di MTsN Tambakberas Jombang diketahui di kelas Unggulan memiliki fasilitas belajar yang lebih lengkap daripada kelas regular serta input siswa yang berkompeten selain itu terdapat program education trip yang dilakukan setiap semester tetapi dari hasil belajar sejarahnya terdapat siswa yang nilainya dibawah SKM (70) yakni 60 meskipun sudah dilakukan remidi. Pada saat proses pembelajaran di kelas juga terlihat beberapa siswa yang mengantuk dan tidak memperhatikan. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa minat belajar siswa di kelas Unggulan pada mata pelajaran sejarah masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas VII Unggulan MTsN Tambakberas Jombang (2) mengetahui faktor internal dan eksternal apa saja yang berpengaruh pada minat belajar sejarah siswa kelas VII Unggulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Unggulan MTsN Tambakberas Jombang Tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 154 siswa dan terbagi dalam 5 kelas (VII-A VII-H VII-I VII-J VII-K) sedangkan dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dengan ketentuan 60% dari jumlah populasi maka terpilihlah kelas VII-H VII-I dan VII-K sebagai sampel dengan jumlah 91 siswa. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner/angket yang disebarkan pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) minat belajar sejarah siswa pada (a) unsur perhatian dalam proses pembelajaran sejarah terkategori cukup tinggi (76 4%) (b) unsur kemauan terkategori cukup tinggi (75 72%) (c) unsur kebutuhan terkategori cukup tinggi (80 27%) dan (d) perasaan senang terkategori cukup tinggi (74 31%). Sedangkan (2) faktor internalnya berpengaruh baik pada minat belajar sejarah (67 5 %) faktor eksternal dari lingkungan keluarga berpengaruh kurang baik (60 5%) lingkungan masyarakat berpengaruh baik (80 4%) dan lingkungan sekolah juga berpengaruh baik terhadap minat belajar sejarah (75 86%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar sejarah siswa kelas VII Unggulan MTsN Tambakberas Jombang terkategori baik begitu juga faktor internal dan eksternalnya secara umum berpengaruh baik hanya saja lingkungan keluarga yang berpengaruh kurang baik. Karena itu penting bagi orang tua/pengasuh pondok untuk lebih berperan dalam meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Bagi penelitian yang akan datang disarankan mengadakan penelitian korelasi yang menghubungkan antara minat belajar dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54581

Actions (login required)

View Item View Item