Kinerja guru sejarah kelas VII SMP Negeri 14 Malang tentang penilaian berbasis kelas berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun ajaran 2010/2011 / Lisna Maria Siringo-ringo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru sejarah kelas VII SMP Negeri 14 Malang tentang penilaian berbasis kelas berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun ajaran 2010/2011 / Lisna Maria Siringo-ringo

Siringo-ringo, Lisna Maria (2012) Kinerja guru sejarah kelas VII SMP Negeri 14 Malang tentang penilaian berbasis kelas berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun ajaran 2010/2011 / Lisna Maria Siringo-ringo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kinerja guru penilaian berbasis kelas kaidah penulisan soal ranah kognitif KTSP Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan adalah penyempurnaan kurikulum. Peningkatan kurikulum dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara nasional. Mutu pendidikan yang tinggi diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang cerdas terbuka demokratis dan mampu bersaing sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Warga Negara Indonesia. Kurikulum yang baik mampu menyediakan pengalaman belajar yang mencakup baik konsep maupun proses di mana ada keseimbangan antara kemampuan konseptual dan kemampuan prosedural. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan penyempurnaan dari KBK agar lebih familiar dengan guru karena guru banyak dilibatkan diharapkan memiliki tanggung jawab yang memadai . Di karenakan berbagai faktor salah satunya adalah kurangnya perhatian guru terhadap langkah- langkah dalam penilaian.Di sinilah peran guru dalam kinerjanya melakukan penilaian kelas yang sesuai dengan KTSP menjadi menarik untuk penulis teliti. Hal tersebut diperkuat oleh pendapat bahwa agar guru dapat menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam kegiatan pembelajaran maka guru harus memiliki pemahaman tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) termasuk di dalam sistem penilaian dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk itu peneliti ingin meneliti sejauh mana kinerja guru terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terutama pemahaman guru IPS terhadap penilaian kelas yang digunakan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 14 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja Guru IPS tentang Penilaian Berbasis Kelas bertdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 14 Malang dan untuk mengetahui kendala guru IPS dalam melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas (PBK) berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 14 Malang. Penelitian ini disebut penelitian Deskriptif kualitatif karena penilitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sebarapa besar kinerja guru tentang penilaian berbasis kelas ditinjau dari kesesuainnya dengan KTSP. Sedangkan jenis penelitian ini digolongkan dalam analisis ini karena dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari dokumen dalam bentuk RPP yang di buat oleh Guru mata pelajaran Sejarah. ii Dari hasil penelitian diketahui bahwa Kinerja Guru Sejarah di SMP Negeri 14 mal ang sudah terlaksana dengan baik dilihat dari soal -soal yang di buat sudah sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda untuk bidamg studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Walaupun ada beberapa sosal yang tdah sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda dari 25 soal yang ada hanya 8 soal yang tidak sesuai. Terkait dengan sebaran ranah kognitif yang sesuai dengan kriteria komposisi aspek yang diungkap dalam pedoman penyusunan penulisan soal untuk bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan penilaian berbasis kelas adalah kurang bervariasinya teknik penilaian yang digunakan oleh Guru yang ada di SMP Negeri 14 malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54567

Actions (login required)

View Item View Item