Upaya ikhwanul muslimin Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina 1967-1987 / Pujo Ardianto Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya ikhwanul muslimin Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina 1967-1987 / Pujo Ardianto Hidayat

Hidayat, Pujo Ardianto (2012) Upaya ikhwanul muslimin Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina 1967-1987 / Pujo Ardianto Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci upaya Ikhwanul Muslimin Palestina Ikhwanul Muslimin (IM) merupakan organisasi Islam terbesar di dunia pada abad ke-20. Organisasi ini didirikan pada tahun 1928 di Isma iliyah Mesir oleh Hasan al-Banna. Organisasi ini kemudian dengan cepat menyebar ke berbagai kota di Mesir dan seluruh dunia Arab. IM termasuk salah satu gerakan politik di dunia Arab yang pertama kali memberikan perhatian ketika terjadi gejolak di Palestina akibat jatuhnya Palestina ke tangan Inggris dan migrasi yang dilakukan oleh bangsa Yahudi dari Eropa ke kawasan ini. Berdasarkan latar belakang di atas maka penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya IM Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Penelitian ini memunculkan beberapa permasalahan yaitu (1) Bagaimana kondisi Palestina sebelum tahun 1967 dan proses masuknya Ikhwanul Muslimin ke daerah tersebut (2) Bagaimana perjuangan Ikhwanul Muslimin Palestina pada tahun 1967-1987 (3) Mengapa Ikhwanul Muslimin Palestina menarik diri dari arena politik dan militer dan beralih ke bidang sosial dan pendidikan Penelitian mengenai perjuangan IM Palestina ini mengacu pada penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan sejarah karena peneliti menganalisis sumber-sumber berupa buku-buku yang memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian. Langkah pertama adalah pemilihan topik lalu heuristik yaitu mencari serta mengumpulkan sumber data penelitian kemudian data tersebut peneliti kritik serta melakukan interpretasi. Setelah langkah tersebut dilakukan peneliti melakukan penulisan sejarah (historiografi). Ada empat fase perjuangan yang dilakukan oleh IM Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Fase Pertama adalah Mempersiapkan Tiang Penyangga Perjuangan. Fase Kedua adalah Mendirikan Yayasan-yayasan dan Memperluas Gerakan. Fase Ketiga adalah Penyempurnaan Proses Persiapan dan Awal Perubahan Untuk Kembali ke Arah Gerakan Perlawanan. Fase Keempat adalah Perlawanan Terhadap Zionis Israel. Berdasarkan hasil penelitian ini setidaknya dapat diajukan dua saran. Pertama hendaknya historiografi atau penelitian tentang IM tidak hanya dipusatkan pada IM yang ada di Mesir karena masih banyak cabang-cabang IM yang ada di berbagai negara yang layak diangkat sebagai tema penelitian. Kedua meskipun Palestina adalah negara yang sedang dilanda perang penelitian tentang Palestina perlu dan harus dapat dilakukan. Hal ini berguna agar para peneliti dan juga masyarakat awam dapat memandang masalah Palestina secara utuh dan mendalam tidak apatis pesimis atau berpandangan negatif terhadap konflikkonflik yang terjadi di Palestina.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54564

Actions (login required)

View Item View Item