Persepsi guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang terhadap penerapan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang / Erna Setyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang terhadap penerapan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang / Erna Setyaningsih

Setyaningsih, Erna (2012) Persepsi guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang terhadap penerapan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang / Erna Setyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi guru sejarah penerapan pendidikan karakter. Kementrian pendidikan secara formal mencanangkan tahun 2010 sebagai tahun dimulainya pendidikan karakter pada lingkup sekolah. Di tingkat sekolah pendidikan karakter secara formal dimasukkan dalam mata pelajaran termasuk pelajaran sejarah. Dalam penerapan pendidikan karakter kemampuan guru sangatlah penting dalam mengembangkan silabus mengembangkan RPP melaksanakan program evaluasi serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Oleh karena itu persepsi guru tentang penerapan pendidikan karakter perlu diungkap. Namun tidak semua guru mendukung dan menyambut baik penerapannya baik dalam budaya sekolah maupun dalam kegiatan pembelajaran. Terdapat guru yang setuju dan ada juga guru yang menolak. Di SMA Negeri 8 Malang pendidikan karakter menjadi salah satu target sekolah untuk menjadi sekolah best practice atau sekolah percontohan. Oleh karena itu pimpinan sekolah beserta jajarannya membuat jadwal kegiatan rutin di sekolah dan mengadakan evaluasi pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terkait dengan pendidikan karakter. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Persepsi guru sejarah SMA Negeri 8 Malang terhadap konsep pendidikan karakter (2)Persepsi guru sejarah SMA Negeri 8 Malang terhadap penerapan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 8 Malang dalam pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (3) Persepsi guru sejarah SMA Negeri 8 Malang terhadap penerapan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 8 Malang dalam proses kegiatan pembelajaran sejarah (4) Persepsi guru sejarah SMA Negeri 8 Malang tentang faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri 8 Malang dalam pembelajaran sejarah.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru sejarah SMAN 8 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan berikut (a) narasi bebas (b) kutipan wawancara (c) kesimpulan wawancara dan kesimpulan observasi (d) number cheking Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap konsep pendidikan karakter berbedabeda diantaranya pendidikan karakter bukan hal yang baru melainkan sudah lama ada yaitu sebagai pendidikan afektif sebagai pendidikan budi pekerti pendidikan karakter sebagai pendidikan dalam rangka penanaman nilainilai luhur bangsa Indonesia (2) Guru melakukan perubahan dalam dokumen silabus Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com ii dan rpp secara mandiri dengan menambahkan nilainilai karakter yang ditanamkan. Dalam dokumen silabus guru menambahkan kolom tersendiri mengenai pendidikan karakter dan penambahan penilaian dengan penilaian karakter (3) pendidikan karakter diterapkan dalam pembelajaran sejarah dengan memasukkan ke dalam kegiatan inti pendahuluan dan penutup. Di dalam kegiatan inti penerapan kegiatan pembelajaran terdapat dalam kegiatan eksplorasi elaborasi dan konfirmasi (4) Faktor penghambat dan pendukung penerapan adalah motivasi dalam diri guru komitmen semua warga sarana penunjang alokasi waktu serta partisipasi siswa. Untuk saran dalam penelitian ini yaitu (1)Pihak sekolah hendaknya lebih meningkatkan proses evaluasi pendidikan karakter pada guru dalam proses pembelajaran sehingga tidak terbatas pada waktu tertentu (2) Pihak sekolah umumnya dan guru khususnya diharapkan mempertahankan dan meningkatkan lagi peran sertanya dalam menanamkan dan mengembangkan karakter pada diri peserta didik dan warga sekolah lainnya (3) Dalam penelitian ini fokus penelitian tidak terfokus pada proses penilaian penerapan pendidikan karakter sehingga untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti mengenai proses penilaian pendidikan karakter dalam mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54562

Actions (login required)

View Item View Item