Fajarani, Anindya (2012) Perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan LKS dibanding media kuis interaktif berbasis komputer pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Anindya Fajarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci LKS media kuis interaktif berbasis komputer prestasi belajar. Penggunaan LKS sebagai media pembelajaran sudah diterapkan sebelumnya di SMA Negeri 6 Malang namun minat siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai siswa yang masih belum memenuhi KKM yaitu 75. Sehingga diperlukan bantuan media yang lebih interaktif untuk dapat meningkatkan minat motivasi dan prestasi belajar siswa. Bantuan media yang digunakan pada penelitian ini berupa media kuis interaktif berbasis komputer. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat signifikansi perbedaan antara peningkatan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media LKS dibanding media kuis interaktif berbasis komputer. Penelitian ini merupakan menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest dan posttest yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Malang tahun ajaran 2011/2012 semester ganjil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 149 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelompok eksperimen yang diwakili kelas XI IPS 4 dengan jumlah 38 siswa dan kelas XI IPS 3 dengan jumlah 37 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa kelas XI IPS. Variabel bebas adalah penggunaan kuis interaktif berbasis komputer pada kelas eksperimen dan LKS pada kelas kontrol. Untuk mengukur peningkatan prestasi belajar siswa dilakukan pengukuran kemampuan awal (pretest) dan pengakuan kemampuan akhir (posttest) pada kedua kelas (eksperimen dan kontrol). Data yang digunakan untuk melihat perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa yaitu gainscore (selisih nilai pretest dan posttest). Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar siswa yang menggunakan LKS meningkat sebesar 46 18% terlihat dari selisih rerata nilai pretest yaitu 42 31 dan rerata nilai posttest 78 50 (2) prestasi belajar siswa yang menggunakan kuis interaktif berbasis komputer meningkat sebesar 51 01% terlihat dari selisih rerata nilai pretest yaitu 41 57 dan rerata nilai posttest 84 86 (3) terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar antara kelas yang menggunakan LKS dan kelas yang menggunakan kuis interaktif berbasis komputer terlihat dari hasil uji-t gainscore prestasi belajar siswa thitung. 4 363 ttabel 1 667 dengan signifikansi sebesar 0 00 0 05. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan LKS dengan yang menggunakan media kuis interaktif berbasis komputer. Dengan demikian disarankan diadakan penelitian sejenis dengan pemanfaatan media yang lebih interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |