Kinerja guru sejarah dalam pembelajaran IPS sejarah ditinjau dari latar belakang pendidikan (studi kasus di SMPN 1 Pagelaran dan Mts An-nur sawahan turen) / Nurul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru sejarah dalam pembelajaran IPS sejarah ditinjau dari latar belakang pendidikan (studi kasus di SMPN 1 Pagelaran dan Mts An-nur sawahan turen) / Nurul Ummah

Ummah, Nurul (2012) Kinerja guru sejarah dalam pembelajaran IPS sejarah ditinjau dari latar belakang pendidikan (studi kasus di SMPN 1 Pagelaran dan Mts An-nur sawahan turen) / Nurul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kinerja Guru Pendidikan Guru Pembelajaran IPS Sesuai Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (2005 6) yang menyatakan guru adalah pendidik professional yang harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sehat jasmani dan rohani memiliki latar belakang pendidikan sesuai bidang tugas serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMPN 1 pagelaran dan MTs An-Nur Sawahan Turen. SMPN 1 Pagelaran merupakan salah satu sekolah negeri di Turen yang mempunyai lokasi cukup unik di pertengahan lahan pertanian sekolah ini memiliki mutu yang cukup bagus walaupun masih berdiri lebih kurang 3 tahun tetapi prestasi-prestasi yang ada tidak kalah bagus dibanding dengan sekolah negeri lainnya di Turen dengan hasil nilai rata-rata UAN Tahun 2009 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 8 25 Bahasa Inggris 6 82 MAT 8 72 dan IPA 8 33 Tahun 2010 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 8 11 Bahasa Inggris 7 14 MAT 7 70 dan IPA 6 63 Tahun 2011 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 7 82 Bahasa Inggris 7 67 MAT 7 43 dan IPA 7 76. MTs An-Nur Sawahan adalah salah satu madrasah swasta di Turen yang terletak di desa Sawahan yang selama 3 tahun terakhir ini mempunyai angka kelulusan tertinggi diantara sekolah swasta lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab semua masalah pokok yang ada dalam penelitian ini yaitu (1) mengetahui kinerja guru sejarah yang berlatar belakang pendidikan sejarah dan non pendidikan sejarah dalam merencanakan pembelajaran sejarah di SMPN 1 Pagelaran dan MTs An-Nur Sawahan (2) mengetahui kinerja guru sejarah yang berlatar belakang pendidikan sejarah dan non pendidikan sejarah dalam melaksanakan pembelajaran sejarah di SMPN 1 Pagelaran dan MTs An-Nur Sawahan (3) mengetahui kinerja guru sejarah yang berlatar belakang pendidikan sejarah dan non pendidikan sejarah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran sejarah di SMPN 1 Pagelaran dan MTs An-Nur Sawahan Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sejarah SMPN 1 Pagelaran yang berjumlah 2 orang dan guru sejarah MTs An-Nur yang berjumlah 2 orang. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) pembuatan silabus diantara keempat subjek penelitian yang paling lengkap dan hampir sesuai dengan silabus menurut Permendiknas No 41 Tahun 2007 adalah guru sejarah berlatar belakang non pendidikan sejarah di SMPN 1 Pagelaran dan guru sejarah berlatar belakang pendidikan sejarah di MTs An-Nur Sawahan. Didalam penyusunan RPP keempat subjek penelitian dapat diketahui bahwa penulisan RPP guru sejarah berlatar belakang pendidikan sejarah dan non pendidikan sejarah di kedua sekolah sama karena menggunakan RPP yang disusun bersama-sama dalam MGMP (2) Kinerja guru sejarah yang berlatar belakang pendidikan sejarah dan non pendidikan sejarah dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMPN 1 Pagelaran dan MTs An-Nur Sawahan masih terdapat kesenjangan dengan Permendiknas No 41 Tahun 2007 guru belum melaksanakan kegiatan sebagaimana yang telah tercantum didalam RPP dengan baik SK KD dan tujuan pembelajaran tidak setiap pertemuan selalu disampaikan oleh guru. Diantara keempat guru kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah yang sudah bagus adalah guru sejarah berlatar belakang pendidikan sejarah di SMPN 1 Pagelaran (3) Kinerja guru sejarah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran sejarah di SMPN 1 Pagelaran dan MTs An-Nur Sawahan diantara keempat guru sejarah yang hampir sesuai dengan Permendiknas No 41 Tahun 2007 adalah guru berlatar belakang pendidikan sejarah dan guru berlatar belakang non pendidikan sejarah di SMPN 1 Pagelaran. Berdasarkan penelitian ini maka ada beberapa saran yaitu Bagi Kepala sekolah hendaknya lebih meningkatkan kualitas kinerja guru disekolah dengan lebih mengacu kepada Permendiknas No 41 Tahun 2007 bagi guru sejarah di kedua sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan lagi kualitas kinerjanya dalam pembelajaran sejarah dengan mengacu kepada Permendiknas No 41 Tahun 2007 agar dapat lebih baik dari sebelumnya dan bagi peneliti selanjutnya hendaknya lebih memperluas cakupannya dengan menambah jumlah tempat penelitian sehingga hasil penelitian jauh lebih sempurna yang nantinya bisa dijadikan masukan bagi guru-guru sejarah yang berlatar belakang pendidikan sejarah dan non pendidikan sejarah untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas bagi masyarakat agar bisa memilih sekolah untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54558

Actions (login required)

View Item View Item