Pengaruh kegiatan pengajian Padhang mBulan bagi kehidupan sosial masyarakat desa dan nilai-nilai pendidikannya di Desa Mentoro Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang / Evie Rakhmalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kegiatan pengajian Padhang mBulan bagi kehidupan sosial masyarakat desa dan nilai-nilai pendidikannya di Desa Mentoro Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang / Evie Rakhmalia

Rakhmalia, Evie (2012) Pengaruh kegiatan pengajian Padhang mBulan bagi kehidupan sosial masyarakat desa dan nilai-nilai pendidikannya di Desa Mentoro Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang / Evie Rakhmalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kehidupan Sosial Masyarakat Pengajian Padhang mBulan Pengaruh Nilai Pendidikan Islam adalah agama yang universal. Islam masuk ke sela-sela kehidupan masyarakat dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan cara berkesenian sebagaimana yang dilakukan oleh Sunan Kalijogo dan juga melalui media pendidikan pesantren yang cara pengajarannya dikenal sebagai pengajian. Metode pengajian ini digunakan oleh para kyai dalam upayanya untuk memelihara dan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan warga masyarakat. Metode seperti ini tentunya sangat mudah diterima dan merasuk ke dalam masyarakat terutama masyarakat desa. Adanya kegiatan pengajian juga diharapkan memberikan banyak pengaruh positif bagi kehidupan masyarakat desa dimana pengaruh pengajian yang dirasakan oleh masyarakat tidak hanya dalam bidang kerohanian tetapi juga dalam bidang perekonomian. Untuk itulah penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai pengaruh kegiatan pengajian Padhang mBulan bagi kehidupan sosial masyarakat. Dengan beberapa permasalahan diantaranya adalah (1) Mengenai kondisi sosial masyarakat Desa Mentoro (2) Konsep pengajian Padhang mBulan (3) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada isi materi pengajian Padhang mBulan dan (4) Pengaruh apa saja yang dirasakan dari pengajian Padhang mBulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berperan serta wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi sosial masyarakat Desa Mentoro sangatlah unik. Hal ini dapat dilihat dari kultur agama yang dianut antara NU-Muhammadiyah yang tidak saling bersinggungan kondisi ini mencerminkan bahwa warga Desa Mentoro adalah warga yang guyub dan toleran antar sesama. (2) Konsep pengajian yang diusung Padhang mBulan adalah tafsir Al-Qur an yang dikaji secara tekstual dan kontekstual dengan memberikan unsur seni musik gamelan sebagai modifikasi metode pengajaran Islam Jawa yang sudah ada dalam penyampaian materinya. (3) Adanya kegiatan pengajian Padhang mBulan di Desa Mentoro telah memberikan banyak nilai pendidikan bagi warga desanya. Diantaranya adalah berbakti kepada orangtua berfikir kritis dan berpandangan universal berkata jujur cinta kepada tanah air berkata yang baik dan pantas saling menghormati bermusyawarah dan adil. (4) Pengaruh ii yang dirasakan oleh masyarakat adalah meningkatnya perekonomian warga desa pengaruh lain adalah perubahan sikap masyarakat bertambahnya ilmu agama wawasan serta berubahnya pola pikir masyarakat. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan (1) Pemanfaatan dalam bidang perekonomian seharusnya bukan hanya dalam bentuk perdagangan pada saat pengajian berlangsung tapi bisa dimanfaatkan sebagai ajang kerja sama maupun promosi dalam rangka pengembangan produk lokal warga desa. (2) Adanya bantuan dari jamaah Padhang mBulan dapat dimanfaatkan untuk usaha warga Mentoro sehingga usaha perekonomian yang telah ada di Mentoro dapat dikembangkan kembali. (3) Yayasan kembali aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan yayasan berperan sebagai mediator anatara warga desa dan jamaah. (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan penelitian ini secara lebih menyeluruh dan mendalam tentang pengajian Padhang mBulan dan juga tentang kondisi sosial masyarakat Desa Mentoro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54557

Actions (login required)

View Item View Item