Pengaruh minat masuk dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasuswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 / Monica Frensia Mega Fishera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat masuk dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasuswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 / Monica Frensia Mega Fishera

Fishera, Monica Frensia Mega (2011) Pengaruh minat masuk dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasuswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 / Monica Frensia Mega Fishera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci minat masuk motivasi prestasi belajar Belajar di perguruan tinggi harus diarahkan kepada suatu cita-cita tertentu. Cita-cita tersebut harus diperjuangkan dengan berbagai kegiatan belajar dan menjadi tujuan belajar dari setiap mahasiswa karena umumnya tujuan belajar di perguruan tinggi ini bersambung pula dengan tujuan hidupnya. Oleh karena pentingnya belajar di perguruan tinggi maka belajar di perguruan tinggi sebaiknya memiliki minat masuk dan motivasi agar tujuan belajar di perguruan tinggi dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan yaitu (1) dari 139 mahasiswa hanya 58 mahasiswa menempatkan pendidikan sejarah pilihan pertama (2) pentingnya sejarah (3) pentingnya mengetahui minat masuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa prodi pendidikan sejarah (4) lokasi penelitian Universitas Negeri Malang merupakan universitas favorit pencetak guru. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh minat masuk terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 (2) Mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 (3) Mengetahui pengaruh minat masuk dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat masuk (X1) dan motivasi (X2) sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 sejumlah 158 mahasiswa dengan jumlah sampel sebesar 64 mahasiswa. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda dengan bantuan komputer SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel minat masuk berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi. Berdasarkan uji t untuk variabel minat masuk diperoleh hasil bahwa besaran Probabilitas (Sig.) 0 000 0 05 dan t hitung (3 774) t tabel (61 0 05) (2 000). Artinya variabel minat masuk berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi. Besarnya pengaruh positif variabel minat masuk terhadap prestasi adalah 55 04%. Jadi hipotesis parsial yang pertama yaitu ada pengaruh positif minat masuk terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 diterima. Hal ini berarti skor tinggi pada variabel minat masuk akan membuat skor tinggi pula pada prestasi belajar mahasiswa. Artinya semakin tinggi tingkat minat masuk mahasiswa maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. 2) Variabel motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi. Berdasarkan uji t untuk variabel motivasi diperoleh hasil bahwa besaran Probabilitas (Sig.) 0 002 0 05 dan t hitung (3 182) t tabel (61 0 05) (2 000). Artinya variabel motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi. Besarnya pengaruh positif variabel motivasi terhadap prestasi adalah 51 26%. Jadi hipotesis parsial yang kedua yaitu ada pengaruh positif motivasi terhadap prestasi mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 diterima. Hal ini berarti skor tinggi pada variabel motivasi akan membuat skor tinggi pula pada prestasi belajar mahasiswa. Artinya semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. 3) Variabel minat masuk (X1) dan motivasi (X2) bersama-sama (secara simultan) berpengaruh terhadap prestasi. Berdasarkan perhitungan angka F terhadap hasil angket yang telah diperoleh diketahui bahwa F hitung sebesar 20 575 dengan taraf signifikansi sebesar 0 000. Besaran probabilitas (Sig.) 0 000 0 05. Artinya variabel minat masuk (X1) dan motivasi (X2) bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan dengan prestasi. Apabila minat masuk (X1) dan motivasi (X2) baik maka prestasi (Y) mahasiswa akan naik. Besarnya pengaruh antara variabel minat masuk (X1) dan motivasi (X2) dengan prestasi (Y) ditandai dengan Adjusted R Square 0.383. Hal ini menunjukkan bahwa variabel minat masuk (X1) dan motivasi (X2) bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi (Y) 38 3 % sedangkan 61 7 % lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Jadi hipotesis simultan yaitu ada pengaruh positif minat masuk dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2010 diterima. Jadi minat dan motivasi secara bersama-sama dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa karena mahasiswa yang memiliki minat masuk dan motivasi yang baik umumnya akan memiliki tingkat prestasi yang baik pula. Saran dalam penelitian adalah (1) Bagi mahasiswa prodi pendidikan sejarah pada penelitian ini terbukti bahwa minat masuk dan motivasi berpengaruh pada prestasi. Mahasiswa sebaiknya menyadari minat masuk prodi pendidikan sejarah dan senantiasa meningkatkan motivasi belajar sejarah sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. (2) Bagi dosen dan staf pengajar penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dan alternatif untuk memacu minat masuk dan motivasi mahasiswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. (3) Bagi peneliti lain peneliti lainnya terutama mahasiswa program studi pendidikan sejarah yang tertarik pada penelitian yang sejenis disarankan mengembangkan teori mengenai minat masuk dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa serta menggunakan sampel yang lebih luas sehingga hasil penelitian semakin detail. (4) Bagi Universitas Negeri Malang melalui penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan terhadap instansi terkait khususnya Universitas Negeri Malang agar dapat lebih mengembangkan pembelajaran yang mampu lebih mengembangkan minat masuk dan memotivasi mahasiswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54544

Actions (login required)

View Item View Item