Pengembangan media pembelajarans ejarah macromedia flash profesional 8.0 berbasis mind map pada pokok bahasan persiapan kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas VIII di SMPN 9 Malang / Winarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajarans ejarah macromedia flash profesional 8.0 berbasis mind map pada pokok bahasan persiapan kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas VIII di SMPN 9 Malang / Winarti

Winarti (2011) Pengembangan media pembelajarans ejarah macromedia flash profesional 8.0 berbasis mind map pada pokok bahasan persiapan kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas VIII di SMPN 9 Malang / Winarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Pembelajaran Mind Map Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 24 Tahun 2007 bahwa setiap sekolah perlu untuk memiliki media pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran yang digunakan sebagai penyalur pesan dari guru kepada siswa. Berdasarkan penelitian pelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang membosankan sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menarik. Salah satu materi yang dapat disampaikan melalui media adalah Persiapan Kemerdekaan Indonesia karena belum banyaknya media pembelajaran yang menarik pada materi ini. Media sejarah yang dikembangkan harus dapat menanamkan konsep dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Oleh karena itu dipilihlah Mind Map sebagai dasar penyusunan materi dalam media pembelajaran ini. Dari kenyataan ini penulis mengembangkan suatu media pembelajaran sejarah yang memuat pokok bahasan persiapan kemerdekaan Indonesia untuk kelas VIII. Media pembelajaran yang dikembangkan beracuan model Mind Map yaitu suatu model yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat materi yang dipelajari melalui peta pikiran yang dibuat. Media pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk dapat memahami materi melalui kegiatan belajar sendiri melalui aktivitas dalam mempelajari materi dalam bentuk Mind Map. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sadiman dengan langkah-langkah pengembangan adalah analisis kebutuhan analisis tujuan pengembangan materi desain media pembelajaran penyususnan mesia produksi petunjuk pemanfaatan validasi dan pada tahap akhir penggunaan dala proses pembelajaran. Media pembelajaran ini telah melalui 2 tahap uji coba. Dari hasil uji coba tahap I atau validasi isi disimpulkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid karena semua komponen dalam tiap aspek penilaian media pembelajaran (aspek tujuan pembelajran aspek penyampaian materi Mind Map evaluasi dan lain-lain) dinyatakan valid dan juga dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan cukup bagus. Sedangkan uji coba tahap II meliputi validasi empirik dan tes pemahaman. Dari hasil validasi empiric disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah cukup baik menarik dan memotivasi siswa sehingga layak digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran. Sedangkan dari hasil tes pemahaman disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan mampu untuk mencapai pemahaman siswa terhadap materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Disarankan media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kondisi dan karakter siswa. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan untuk mengujicobakan hasil pengembangan pada uji lapangan maka perlu dikembangkan RPP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54540

Actions (login required)

View Item View Item