Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui supervisi klinis & implikasinya terhadap pembelaharan IPS di SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar / Daya Negri Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui supervisi klinis & implikasinya terhadap pembelaharan IPS di SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar / Daya Negri Wijaya

Wijaya, Daya Negri (2011) Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui supervisi klinis & implikasinya terhadap pembelaharan IPS di SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar / Daya Negri Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan Guru RPP Supervisi Klinis Pembelajaran IPS Peneliti menemukan kesenjangan antara RPP IPS yang dibuat guru SMPN 2 Wlingi dengan RPP menurut Permendiknas No 41 tahun 2007. Kesenjangan atau beberapa komponen yang tidak sesuai dengan Permendiknas No 41 tahun 2007 yaitu pertama identitas mata pelajaran belum lengkap dalam RPP IPS tersebut belum mencantumkan satuan pendidikan kedua kegiatan pembelajaran yakni dalam kegiatan inti belum mencantumkan proses eksplorasi elaborasi dan konfirmasi ketiga penilaian hasil belajar belum lengkap dalam RPP IPS tersebut belum mencantumkan cara penyekorannya. Hal yang sama peneliti juga jumpai pada RPP mata pelajaran lain yang dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam kegiatan inti belum mencantumkan proses eksplorasi elaborasi dan konfirmasi. Permasalahan dalam perencanaan pembelajaran ini dibutuhkan supervisi dari kepala sekolah sebagai supervisor dalam satuan pendidikan sehingga dalam pengawasan yang diberikan supervisor ini dapat meningkatkan profesionalitas guru dan meningkatkan pembelajaran melalui pembelajaran efektif sehingga penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan karena berupaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab semua masalah pokok yang ada dalam penelitian ini yaitu (1) mengetahui kemampuan awal guru dalam menyusun RPP di SMPN 2 Wlingi (2) mendeskripsikan penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP menurut di SMPN 2 Wlingi (3) mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP melalui supervisi klinis (4) mengetahui implikasi supervisi klinis terhadap pembelajaran IPS Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis naratif kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar yang berjumlah 11 guru. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) kemampuan awal guru dalam menyusun RPP tergolong rendah karena guru kebingungan dalam merumuskan RPP karena mata pelajaran yang diajarkan berbeda dengan latar belakang yang dimiliki dan tidak memiliki inisiatif dalam menyusun RPP karena hanya copy-paste dari MGMP (2) penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP terbagi menjadi dua siklus dalam setiap siklus melalui tiga tahap yakni tahap pendahuluan observasi dan umpan balik. Penerapan supervisi klinis ini dapat dikatakan berhasil karena ketiga tahap dalam setiap siklus berjalan lancar (3) penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Hal ini dapat dilihat dari perubahan ke arah yang lebih baik dari subjek penelitian dalam menyusun RPP. Pada prasiklus kemampuan guru dalam menyusun RPP tergolong rendah karena guru kebingungan dalam merumuskan RPP karena mata pelajaran yang diajarkan berbeda dengan latar belakang yang dimiliki dan tidak memiliki inisiatif dalam menyusun RPP karena hanya copy-paste dari MGMP. Pada siklus I kemampuan guru dalam menyusun RPP tergolong sedang karena subjek penelitian kebingungan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dan pada RPP dalam langkah-langkah pembelajaran belum menekankan pada kegiatan siswa untuk belajar. Pada siklus II kemampuan guru dalam menyusun RPP tergolong tinggi karena dapat memperbaiki kekurangan RPP sesuai dengan umpan balik supervisor yakni telah mencantumkan proses eksplorasi elaborasi dan konfirmasi pada kegiatan inti mencantumkan instrumen secara lengkap serta menentukan metode dengan tepat dan dapat memecahkan masalah dalam menyusun RPP dengan berbagai alternatif solusi dan (4) implikasi pelaksanaan supervisi klinis pada pembelajaran IPS guru mulai menerapkan pembelajaran inovatif bukan hanya bertumpu pada ceramah tetapi juga siswa mulai dikembangkan untuk mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri. Dari hasil analisis data didapatkan bukti bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Berdasarkan penelitian ini maka ada beberapa saran yaitu Kepala sekolah di sekolah lain hendaknya menggunakan supervisi klinis dalam menanggulangi permasalahan yang mendesak dalam satuan pendidikan. Supervisi klinis merupakan pendekatan yang cocok digunakan kepala sekolah dalam melakukan supervisi pembelajaran melalui tiga tahap yang dimaksudkan untuk memperbaiki kinerja guru dalam pembelajaran Kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada pemberian supervisi terhadap guru pada salah satu mata pelajaran sehingga supervisor dapat fokus pada satu karakteristik mata pelajaran dan dapat dicapai perbaikan yang maksimal pada kinerja guru dalam pembelajaran bukan hanya perencanaan tetapi juga pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54538

Actions (login required)

View Item View Item