Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model two stay two stray pada mata pelajaran IPS bidang sejarah kelas VII SMP Negeri 3 Batu / Yusti Megasari Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model two stay two stray pada mata pelajaran IPS bidang sejarah kelas VII SMP Negeri 3 Batu / Yusti Megasari Palupi

Palupi, Yusti Megasari (2011) Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model two stay two stray pada mata pelajaran IPS bidang sejarah kelas VII SMP Negeri 3 Batu / Yusti Megasari Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray prestasi belajar metode ceramah Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang menekankan adanya kerjasama siswa dalam kelompoknya untuk mencapai prestasi belajar yang sesuai dengan SKM (standart kemampuan minimal). Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Two Stay Two Stray (dua pergi dua tinggal) ini dirancang untuk membimbing para siswa mengidentifikasi masalah mengeksplorasi berbagai pemecahan maslah mengumpulkan data yang relevan mengembangkan dan menguji hipotesis. Melalui model ini siswa diharapkan dapat menganalisis suatu masalah dan dapat bekerjasama dengn temannya Sedangkan pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang dalam pengajarannya banyak menggunakan metode cermah seingga dapat membuat siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah bagaimana prestasi siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran ceramah pada mata pelajaran IPS bidang Sejarah yang kedua bagaimana prestasi siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS bidang Sejarah dan yang ketiga adalah bagaiamana perbedaan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS bidang Sejarah yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah dan yang diajar menggunakan metode kooperatif model Two Stay Two Stray. Tujuan penelitian ini dimaksud untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ceramah dengan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS bidang sejarah kelas VII SMP Negeri 3 Batu. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara prestasi belajarsiswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah dengan siswa yang diajara dengan menggunakan metode kooperatif model Two Stay Two Stray sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batu tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Rancangan penelitian ini digunakan Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model Two Stay Two Stray sedangakan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan metode cermah. Jenis data dalam penelitian iniberupa data kuantitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan memberikan tes berupa tes kemampuan awal (pre test) dan tes kemampuan akhir (post test) dalam pembelajaran sejarah pada materi perkembangan masyarakat pada masa Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai gain score siswa kelas eksperimen (31 5625) lebih tinggi daripada rata-rata nilai gain score siswa kelas kontrol (25 0968). Hasil uji t adalah Hipotesis diterima karena adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan siswa yang diajar dengan metode kooperatif model Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS bidang Sejarah kelas VII SMP Negeri 3 Batu. Terbukti dari nilai Sig. (0 004) 0 05. dan thitung (3 010) ttabel (1 999) yang menyatakan ada perbedaan dari kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model Two Stay Two Stray dengan prestasi belajar yang diajar dengan metode ceramah. Hal ini ditunjukan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar yang menggunakan Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan metode ceramah. Hal ini terbukti dari rata-rata kemampuan akhir prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80 sedangkan kelas kontrol sebesar 71. Two Stay Two Stray memberikan pengaruh yang positif terhadap kelas 7a. Dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas karena interaksi yang terjadi tidak satu arah siswa tidak hanya mengandalkan informasi dari guru tetapi siswa dapat bekerjasama dengan siswa lainnya meskipun tidak satu kelompok. Hal ini tebukti dari prestasi belajar kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol Dengan model Two Stay Two Stray kelas VIIa semakin aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu dapat disarankan pula kepada guru untuk menggunakan Two Stay Two Stray sebagai variasi dalam kegiatan pembelajaran. Guru hendaknya mempelajari dan melaksanakan langkah-langkah metode kooperatif model Two Stay Two Stray dengan sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil yang optimal. Bagi peneliti lain disyarankan untuk melakukan penelitian tentang penerapan Two Stay Two Stray pada materi lain sebagai peningkatan kualitas pembelajaran sesuai dengan pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54536

Actions (login required)

View Item View Item