Aspek pendidikan dalam dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang / Ryan Singgih Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Aspek pendidikan dalam dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang / Ryan Singgih Prabowo

Prabowo, Ryan Singgih (2011) Aspek pendidikan dalam dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang / Ryan Singgih Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendidikan dinamika sosial budaya masyarakat Tengger. Proses dinamika sosial budaya di Indonesia khususnya di pedesaan telah menyebabkan perubahan wujud-wujud kebudayaan tradisional. Peneliti memilih aspek pendidikan dalam dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani karena ada yang berubah dari sebelumnya sebagai pengaruh dari modernisasi dalam segala aspek kehidupan terutama modernisasi dibidang pendidikan. Akan tetapi dinamika sosial budaya pada masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani saat ini cenderung mengarah ke perilaku yang negatif. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya peran pendidikan formal dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya Tengger. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi pendidikan tradisional masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani sebelum masuknya pendidikan formal tahun 1982 (2) Bagaimana dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani setelah masuknya pendidikan formal (3) Bagaimana model konstruksi pendidikan yang relevan dengan dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang dinamika sosial budaya masyarakat Tengger dengan rincian (1) kondisi pendidikan tradisional masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani sebelum masuknya pendidikan formal tahun 1982 (2) Paparan tentang dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani setelah masuknya pendidikan formal serta (3) Paparan model konstruksi pendidikan yang relevan dengan dinamika sosial budaya masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui tahap observasi partisipatoris dengan peneliti sebagai instrumen utama wawancara mendalam dengan berbagai informan dan dokumentasi berupa foto. Instrumen lain berupa pedoman observasi pedoman wawancara tape recorder kamera dan buku catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif yang di dalamnya mencakup tiga hal yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika sosial budaya pada masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani disebabkan oleh pembangunan dan modernisasi yang dilakukan pemerintah. Akibat dari kurang berhasilnya modernisasi dalam bidang pendidikan menyebabkan warga Ranu Pani tidak siap menghadapi arus modernisasi di era globalisasi ini. Kondisi tersebut membuat masyarakat Tengger di Desa Ranu Pani seolah tercerabut dari akar budayanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54535

Actions (login required)

View Item View Item