Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan program adobe flash untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Campurdarat / Arih Faridasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan program adobe flash untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Campurdarat / Arih Faridasari

Faridasari, Arih (2011) Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan program adobe flash untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Campurdarat / Arih Faridasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran sejarah flash motivasi belajar Pemanfaatan teknologi di era modern ini sangat penting. Terutama dalam bidang pendidikan yaitu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar seperti halnya untuk pelajaran sejarah. Persoalan yang muncul dalam pembelajaran sejarah antara lain kejenuhan siswa dalam belajar dan kurangnya motivasi belajar. Jika hal tersebut dibiarkan tentunya hal ini akan berdampak kepada prestasi belajar siswa karena siswa juga tidak akan memahami materi pelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran sejarah yang dapat mempersentasikan proses masuknya Islam di Nusantara dan perkembangan Islam di Nusantara yang dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Media ini dikembangkan dengan menggunakan program animasi Adobe Flash CS3 Profesional yang dapat menggabungkan antara teks gambar dan suara dalam bentuk animasi. Rancangan penelitian menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif dan eksperimental. Model pengembangan prosedural deskriptif ini meliputi kegiatan identifikasi kompetensi dasar dan indikator analisis bahan ajar desain media produksi editing prototipe media validasi produk uji coba produk dan produk akhir. Penelitian eksperimental digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa. Produk yang telah divalidasi akan diujicobakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Data penelitian bersifat kuantitatif dan diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta data uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil uji validasi diketahui bahwa bahwa media ini valid . Hasil uji coba produk diperoleh nilai 94% dengan kriteria layak . Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut disimpulkan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah. Hasil data motivasi bahwa produk ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 22 1%. Motivasi belajar yang awalnya 55 5% dengan kategori sedang menjadi 77 6% dengan kategori tinggi. Dari penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang adalah (1) guru hendaknya merubah cara pembelajarannya berbasis IT dan menggunakan media pembelajaran ini di kelas (2) penggunaan LCD proyektor untuk memperoleh tampilan yang lebih besar sehingga memudahkan siswa untuk mengamati tayangan (4) pengembang produk yang akan datang dapat membuat produk untuk bahasan lain ataupun melengkapi kekurangan dari produk yang peneliti buat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54533

Actions (login required)

View Item View Item