Pengembangan bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan asal usul persebaran manusia di Indonesia untuk siswa kelas X SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung / Dwi Fitriawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan asal usul persebaran manusia di Indonesia untuk siswa kelas X SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung / Dwi Fitriawati

Fitriawati, Dwi (2011) Pengembangan bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan asal usul persebaran manusia di Indonesia untuk siswa kelas X SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung / Dwi Fitriawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar sejarah multimedia interaktif pemahaman Observasi di lapangan menunjukkan kecenderungan bahwa guru hanya terpaku pada bahan ajar yang disajikan dalam bentuk cetak yaitu buku teks dan LKS. Selain itu bahan ajar yang terdapat di sekolah juga masih terbatas. Siswa menganggap bahan ajar yang berupa buku cetak kurang menarik terlalu banyak teori serta kurang dekat dengan siswa. Pada akhirnya hal tersebut akan membuat siswa mengalami banyak kesulitan dalam memahami materi yang disajikan di dalamnya sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Alasan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan pengembangan bahan ajar sejarah yang berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan Asal-Usul dan Persebaran Manusia di Kepulauan Indonesia . Berdasarkan paparan pada bagian latar belakang tersebut maka tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar sejarah berbasis multi-media interaktif pada pokok bahasan asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia untuk kelas X. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) me-ngembangkan bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif yang memenuhi standar isi dan penyajian untuk siswa SMA kelas X (2) mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMA kelas X. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas digunakan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model desain pengembangan berbasis media oleh Sadiman tahun 2008. Berdasarkan model tersebut dalam penelitian ini ada 8 tahap pengembangan yang dilakukan yakni (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) pengembangan materi pembelajaran (4) perumusan alat ukur keber-hasilan (5) penulisan naskah bahan ajar (6) produksi (7) uji coba (8) revisi. Uji coba kelayakan produk dilakukan melalui validasi ahli materi ahli media dan uji coba siswa kelompok besar di SMA Negeri 1 Kedungwaru. Dari hasil uji bahan ajar dengan ahli materi menghasilkan rata-rata kelaya-kan sebesar 86% ahli media 91% dan siswa 87%. Hasil validasi dengan ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar harus direvisi karena dari 24 aspek yang diujikan terdapat 3 aspek yang belum layak sedangkan menurut ahli media pro-duk tergolong layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dan dari siswa menunjukkan bahan ajar tergolong layak sehingga siap diimplementasikan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan terjadinya peningkatan persentase hasil belajar siswa yaitu dari 52% menjadi 80%. Dari peningkatan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah (1) dari segi materi dan penyajian bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif tergolong layak sehingga dapat diimplementasikan (2) bahan ajar sejarah berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Hasil pengembangan produk bahan ajar sejarah ini dapat dibaca dipelajari dan dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan. Siswa dapat memanfaat-kan bahan ajar ini secara mandiri maupun dengan bimbingan guru. Guru juga diharapkan mampu menguasai teknik pembuatan media interaktif sehingga mampu untuk memproduksi sendiri bahan ajar yang berbasis multimedia interak-tif. Bagi sekolah bahan ajar ini dapat dijadikan pertimbangan sebagai bahan ajar alternatif serta memfasilitasi guru untuk belajar membuat bahan ajar yang berbasis multimedia interaktif. Bahan ajar ini dapat disebarluaskan melalui jurnal dan MGMP. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan pengembangan bahan ajar sejarah yang berbasis multimedia interaktif untuk materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54532

Actions (login required)

View Item View Item