Wahyuningsih, Rini (2010) Meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPS melalui metode kooperatif model script pada siswa kelas VII B di SMP Ma'arif Kota Batu tahun ajaran 2009/2010 / Rini Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rini Wahyuningsih.2009. Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Kooperatif Model SCRIPT Pada Siswa Kelas VII-B di SMP MA ARIF Kota Batu Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.I Wayan Legawa M.Pd (II) Drs.Nur Hadi M.Pd Msi. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model SCRIPT Pemahaman Pretasi Belajar. Penerapan KTSP dimaksudkan agar lulusan pendidikan nasional memiliki keunggulan yang kompetitif sesuai standart mutu nasional dan internasional. Akan tetapi kenyataan yang sering dijumpai di lapangan adalah suatu proses pembelajaran yang individualis. Selain itu meskipun KTSP telah dilaksanakan guru cenderung untuk melakukan metode ceramah. Metode yang diterapkan selama ini kurang menyenangkan bagi siswa. Siswa merasa bosan dan tidak nyaman di dalam kelas. Hal ini berakibat pemahaman dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS rendah. Oleh karena itu dilakukan tindakan dengan menerapkan Metode Kooperatif Model SCRIPT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kualitatif terdiri dari dua tindakan berupa penerapan Metode Kooperatif Model SCRIPT. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu pengembangan perencanaan (plan) tindakan (act) pengamatan (observe) dan perenungan (reflect). Penelitian ini dilakukan di SMP MA ARIF Kota Batu dengan subyek kelas VII-B. Pada siklus I materi yang dibahas adalah Pegertian Pra-aksara dan Jenis-Jenis Manusia Purba Pada Masa Pra-aksara. Pada siklus II materi yang dibahas adalah Awal Mula Kedatangan Nenek Moyang Bangsa Indonesia dan Perkembangan Kehidupan Sosial Ekonomi dan Budaya masyarakat pada masa Pra-aksara. Instrumen yang digunakan adalah untuk mengukur pemahaman dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Hasil analisis dan refleksi setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa pemahaman dan prestasi belajar IPS mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan oleh nilai rerata untuk prestasi belajar kognitif 71 1 psikomotorik 66 dan afektif 67 8 pada siklus I menjadi 83 1 pada siklus II untuk aspek kognitif menjadi 81 2 psikomotoriknya menjadi 85 dan untuk pemahaman dari 71 1 menjadi 81 2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP MA ARIF pada kelas VII-B diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif model SCRIPT dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPS. Maka disarankan guru IPS menggunakan pembelajaran kooperatif model SCRIPT dengan memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian ini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54508 |
Actions (login required)
View Item |