Upaya meningkatkan perhatian dan hasil beajar dengan media visual (gambar dan bagan) pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi / Mas'udah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan perhatian dan hasil beajar dengan media visual (gambar dan bagan) pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi / Mas'udah

Mas'udah (2010) Upaya meningkatkan perhatian dan hasil beajar dengan media visual (gambar dan bagan) pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi / Mas'udah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mas udah. 2009. Upaya Meningkatkan Perhatian dan Hasil Belajar dengan Media Visual (Gambar dan Bagan) pada Mata Pelajaran IPS Sejarah Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi . Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Legawa M.Si (II) Drs. Joko Sayono M.Pd M.Hum. Kata-kata kunci perhatian hasil belajar media visual (gambar dan bagan). Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media untuk memvisualisasikan peristiwa sejarah jarang sekali digunakan guru dengan berbagai alasan. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi kesulitan untuk memvisualisasikan sendiri peristiwa sejarah sehingga siswa tidak memahami/menangkap apa yang dijelaskan oleh guru dengan baik. Karena itulah siswa mengalami kejenuhan dan perhatian terhadap pelajaran menjadi berkurang sehingga berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar. Berdasarkan observasi awal permasalahan inilah yang dihadapi oleh siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi yaitu kurangnya perhatian dan antusias siswa saat guru menjelaskan materi di depan kelas sehingga berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi awal persentase perhatian siswa sebesar 67%. Selain itu rata-rata hasil belajar yang diperoleh kelas VII C adalah 74 13 masih di bawah SKM yang ditentukan sekolah yaitu 75 (hampir separuh lebih siswa belum memenuhi SKM yaitu 18 siswa). Hal tersebut mendorong peneliti untuk menggunakan media visual (gambar dan bagan) untuk meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa karena meskipun di sekolah disediakan LCD (untuk menampilkan gambar atau bagan) tapi guru hanya menggunakan LKS dengan metode ceramah atau diskusi dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah penggunaan media visual (gambar dan bagan) dapat meningkatkan perhatian pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi (2) apakah penggunaan media visual (gambar dan bagan) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perhatian siswa setelah digunakan media visual (gambar dan bagan) pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah digunakan media visual (gambar dan bagan) pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gondanglegi dengan subjek penelitian siswa kelas VII C. Jenis data yang dikumpulkan adalah hasil observasi perhatian siswa yang didukung catatan lapangan dan nilai hasil belajar dari tes. Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan bahwa penggunaan media visual (gambar dan bagan) dapat meningkatkan perhatian dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi. Pada observasi awal data yang diperoleh persentase perhatian siswa sebesar 67%. Pada siklus I setelah digunakan media visual (gambar dan bagan) pada pembelajaran rata-rata persentase perhatian siswa meningkat menjadi 78%. Pada siklus II rata-rata persentase perhatian siswa lebih meningkat menjadi 79 3% siswa lebih aktif tertarik sangat antusias dalam pembelajaran IPS Sejarah karena penggunaan media visual sudah optimal dibandingkan dengan siklus I. Demikian pula pada hasil belajar pada mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondanglegi setelah menggunakan media visual (gambar dan bagan) mengalami peningkatan pada observasi awal nilai rata-rata sebesar 74 13 (18 siswa nilainya di bawah SKM) pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 78 58 dan pada siklus II meningkat menjadi 80 29. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada guru IPS Sejarah SMP Negeri 2 Gondanglegi agar menggunakan media visual (gambar dan bagan) dalam proses pembelajaran di kelas bagi sekolah SMP Negeri 2 Gondanglegi lebih meningkatkan penyediaan media di kelas. Selain itu untuk penelitian lebih lanjut mengenai pembelajaran dengan menggunakan media visual dalam waktu yang lebih lama dan intensif sehingga tidak hanya terbatas pada perhatian dan hasil belajar siswa saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54506

Actions (login required)

View Item View Item