Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model numbered heads together (kepala bermotor) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS sejarah pada siswa kelas VIII F di SMP Negeri 1 Malang / Hari Hadi Kesuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model numbered heads together (kepala bermotor) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS sejarah pada siswa kelas VIII F di SMP Negeri 1 Malang / Hari Hadi Kesuma

Kesuma, Hari Hadi (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model numbered heads together (kepala bermotor) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS sejarah pada siswa kelas VIII F di SMP Negeri 1 Malang / Hari Hadi Kesuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kesuma Hari Hadi . 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Numbered Heads Together (Kepala Bernomor) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Sejarah pada Siswa Kelas VIII F di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Sumartini. M.Si (II) Drs. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. Kata Kunci pembelajaran kooperatif model NHT hasil belajar. Proses pembelajaran di kelas memiliki peranan sangat penting dalam upaya penerapan tujuan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar. Guru hendaknya memilih dan menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa. Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi atau bahan ajar yang akan diajarkan diharapkan akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa yang diajar. Oleh karena itu diterapkan model NHT pada mata pelajaran IPS sejarah guna meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar siswa kelas VIII F SMPN 1 Malang masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh 1) Penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif 2) siswa menganggap mata pelajaran sejarah membosankan karena siswa kurang dilibatkan. Hasil belajar siswa yang rendah terlihat pada hasil ulangan harian siswa yang rendah dimana yang mengalami tuntas belajar hanya 10 orang dari 30 siswa. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dengan model NHT pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Malang (2) Bagaimana hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Sejarah pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Malang setelah diterapkan model pembelajaran NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F SMPN 1 Malang mengenai materi Pergerakan Nasional dan Sumpah Pemuda pada mata pelajaran IPS Sejarah. Hal ini didukung oleh hasil belajar dan respon siswa yang positif. Semua siswa merasa senang dengan model pembelajaran NHT dan lebih mudah memahami materi Pergerakan Nasional dan Sumpah Pemuda. Data hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan perolehan nilai rata- rata siswa untuk aspek kognitif dan aspek afektif. Untuk aspek kognitif nilai rata- rata sebelum diberi tindakan sebesar 51 33 pada siklus1 dan siklus 2 setelah diberi tindakan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 72 66 pada siklus I dan 78 66 pada siklus II. Untuk ketuntasan belajar secara klaksikal dari aspek kognitif mengalami peningkatan persentase yaitu dari 70% pada siklus I menjadi 86 67% pada siklus II. Nilai rata-rata aspek afektif mengalami peningkatan persentase yaitu 73 33% pada siklus I menjadi 86 67% pada siklus II. Kesimpulannya bahwa hasil belajar siswa baik dari segi kognitif maupun afektif mengalami peningkatan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54500

Actions (login required)

View Item View Item