Dinamika gerakan mahasiswa: studi kasus gerakan mahasiswa di Kota Malang pada tahun 1998 / Cokro Wibowo Sumarsono - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika gerakan mahasiswa: studi kasus gerakan mahasiswa di Kota Malang pada tahun 1998 / Cokro Wibowo Sumarsono

Sumarsono, Cokro Wibowo (2009) Dinamika gerakan mahasiswa: studi kasus gerakan mahasiswa di Kota Malang pada tahun 1998 / Cokro Wibowo Sumarsono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara historis peranan gerakan mahasiswa dalam perubahan politik di Indonesia sangat besar. Misalnya perubahan kekuasaan pada tahun 1966 yang melahirkan rezim Orde Baru. Begitu pula pada tahun 1998 tanpa kehadiran ribuan mahasiswa di gedung MPR / DPR sangatlah sukar untuk membuat Soeharto mundur dari jabatan Presiden. Bahkan jika dilihat jauh ke belakang peranan gerakan pemuda dan mahasiswalah yang membidani lahirnya negara Indonesia. Gelombang aksi mahasiswa pada awal tahun 1998 telah menorehkan catatan sejarah penting dalam kehidupan sosial politik Indonesia. Soeharto yang ketika itu telah memasuki masa ke-32 tahun pemerintahannya akhirnya dapat dipaksa untuk mengundurkan diri dari jabatan Presiden Republik Indonesia. Bergulirlah tahap awal reformasi sebagai sebuah tawaran dari gerakan mahasiswa dalam menghadapi krisis multidimensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54498

Actions (login required)

View Item View Item