Pengaruh media pembelajaran sejarah berbasis perangkat lunak drean weaver terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMK Negeri 5 Malang / Suhardi Bayu Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran sejarah berbasis perangkat lunak drean weaver terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMK Negeri 5 Malang / Suhardi Bayu Saputro

Saputro, Suhardi Bayu (2010) Pengaruh media pembelajaran sejarah berbasis perangkat lunak drean weaver terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMK Negeri 5 Malang / Suhardi Bayu Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputro Suhardi Bayu. 2009. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Perangkat Lunak Dream Weaver Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Di SMK Negeri 5 Malang . (Skripsi) Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. Haryono M.Pd. (II)Drs. Mashuri M. Hum. Kata Kunci media perangkat lunak prestasi belajar dream weaver Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan media yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan media perangkat lunak berbasis dreamweaver 8. Dream weaver adalah salah satu program perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mendesain web dengan cara yang lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat media pembelajaran sejarah berbasis dream weaver8 mengetahui aplikasi media pembelajaran berbasis dream weaver8 dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah materi disajikan dengan media pembelajaran sejarah berbasis dream weaver8. Materi pelajaran proses kebangkitan nasional diambil sebagai materi uji. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Malang. Dalam penelitian ini populasinya yaitu siswa kelas X. Sedangkan sampelnya terdiri dari 2 kelas yaitu kelas 1 TKJ 1dan 1 TKJ 2. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dan dianalisis secara kuantitatif dengan pertimbangan (1) kelas yang dijadikan sampel dianggap mengetahui dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber informasi serta mengetahui permasalahan secara mendalam (2) kelas yang dijadikan sampel sudah menggunakan media pembelajaran berbasis dreamweaver. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test dan postes. Pembelajaran sejarah dengan teknik pembelajaran menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis dream weaver untuk kelas eksperimen (kelas 1 TKJ 2) dan ceramah untuk kelas control (kelas 1 TKJ 1). Indikator keberhasilan pengajaran ditunjukkan dari selisih nilai pos test dan pre test yang dilakukan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa siswa pada kelas yang memperoleh pengajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi memiliki nilai rerata kelas untuk pre test 6 89 dan pos test 8 15 sehingga selisih nilai antara rerata pos test dan pre testnya adalah 1 26. Sedangkan siswa pada kelas yang memperoleh pengajaran dengan metode ceramah (konvensional) memiliki nilai rerata kelas untuk pre test 6 85 dan pos test 7 54 sehingga selisih nilai antara rerata pos test dan pre testnya adalah 0 69. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa pada kelas yang memperoleh pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis dreamweaver memiliki kenaikan pemahaman yang lebih besar apabila dibandingkan dengan siswa yang materi pembelajaran menggunakan dengan metode konvensional (ceramah). Saran yang dapat disumbangkan berkenaan dengan bidang keilmuan adalah bahwa perlunya penggunaan media dreamweaver ini dalam bidang pendidikan sehingga peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54495

Actions (login required)

View Item View Item